Setahun Lagi Baru Boleh

Minggu, 23 Maret 2008BATAM, TRIBUN – Rencana PT Pelayanan Listrik Nasional (PLN) Batam menaikkan tarif listrik mulai banyak mendapatkan tantangan dari anggota DPRD Batam. Kali ini, Sekretaris Fraksi PPP Plus, Sukri Fahrial SH mengatakan belum saatnya tarif listrik naik.

“Cukup banyak pertimbangan kami menolak kenaikkan tarif listrik itu. Pertama, sangat memberatkan masyarakat karena baru saja tarif air naik. Selain itu, saat ini harga-harga barang terus melonjak sehingga apabila ditambah lagi dengan kenaikan listrik tentu sangat memberatkan beban masyarakat,” ungkap Sukri, Sabtu (22/3).

Politisi PPP itu mengatakan, langkah PLN mengkonsultasikan ke dewan rencana kenaikan itu sudah tepat. Namun kenaikannya belum bisa dikabulkan sekarang karena butuh waktu minimal 6-12 bulan baru dinilai layak. “Saya minta jangan dipaksakan sekarang kenaikan itu karena akan memberatkan masyarakat,” katanya.

Anggota Komisi III itu sudah mewanti-wanti agar jangan sampai terjadi seperti kasus kenaikan tarif air yang diisukan ada anggota dewan menerima dana. “Lebih baik kami tegaskan sebelum waktunya naik mengingat beban yang dipikul masyarakat cukup berat saat ini,” tegas dia.

Sebelumnya, Fraksi PDIP sudah menolak kenaikan tarif listrik ini. Sekretaris Fraksi Ruslan Kasbulatov, menyebut jangan selalu membebani rakyat. Sebelum rencana kenaikan ini diusulkan mestinya terlebih dahulu PLN mempublikasikan neraca keuangannya, apakah rugi atau untung selama tiga tahun terakhir ini agar masyarakat tahu.

“Kami melihat PLN belum melakukan itu tapi sudah berencana menaikkan tarif listrik. Saya tidak setuju kenaikan ini. Dengan tidak naiknya tarif ini apakah PLN jadi rugi?” ujar Ruslan dengan nada bertanya.

Dalam kesempatan berbeda, Wakil Wali Kota Ria Saptarika mengatakan tidak masalah PLN menaikkan tarif asalkan tidak memberatkan rumah menengah ke bawah. “PLN sudah berkonsultasi dan menjelaskan kondisi yang dihadapinya saat ini. Kalau mereka tidak menaikkan tarif tentu akan sulit melakukan investasi. Hanya saja jangan sampai memberatkan,” pinta Ria. (hat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s