KTP SIAK Kacau hingga 2009

Senin, 2008 Maret 24

Sejak diterapkan pada Mei 2007, pembuatan KTP dengan Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) hingga saat ini masih kacau alias amburadul. Wakil Wali Kota (Wawako) Batam, Ria Saptarika menyebutkan, banyaknya permasalahan yang timbul selama penerapan KTP SIAK itu, karena masih dalam tahap transisi.
“Paling lambat 2009 masa transisi ini bisa terlewati,” ujarnya.

Namun, untuk penerapannya di lapangan sebagai percontohan, akan ditunjuk satu kecamatan sebagai pilot project. Dari 12 kecamatan yang ada, Wakil Wali Kota (Wawako) Batam, Ria Saptarika membidik dua kecamatan yang akan dijadikan sebagai pilot project. Sayangnya, Ria enggan menyebutkan dua kecamatan itu.
“Satu kecamatan akan ditunjuk sebagai proyek percontohan on line dan SIAK. Untuk hal ini saya sudah melakukan koordinasi dengan Disduk dan Kominfo,” ungkap Ria, Sabtu lalu.
Menurutnya, kecamatan yang dijadikan sebagai percontohan dilihat dari dua sistem. Mulai dari Sumber Daya manusia (SDM) hingga pelaksanaan on line yang sudah tidak terputus-putus di lapangan. Belum lama ini, Ria melakukan Sidak ke dua kecamatan yakni Kecamatan Batam Kota dan Sekupang. Namun, apakah dua kecamatan yang dibidik Ria sebagai percontohan salah satu dari kecamatan yang disidaknya itu?
“Saya tidak bilang lho,” kata Ria singkat, ketika ditanya apakah dua kecamatan yang dibidiknya itu Batam Kota dan Sekupang.
Hanya saja dari dua kecamatan itu, sistem on line di Kecamatan Sekupang sudah tidak terputus-putus lagi. Untuk menghindari terputus-putusnya jaringan, ke kepan, menurutnya, akan digunakan jaringan publik melalui provider. Sehingga, masa transisi dapat dilewati. Kapan masa transisi itu berakhir, Ria tidak dapat memberi jawaban pasti.
Mengingat banyaknya janji yang ia harus ia tuntaskan di tahun 2008, maka masa transisi itu baru bisa terlewati pada 2009 mendatang.(Batam News)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s