Satu Kecamatan Dijadikan Pilot Project

Senin, 24 Maret 2008
BATAM CENTRE- Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika sudah mengincar dua kecamatan yang dianggap memiliki kemampuan personil dan sistem online terbagus. Namun, hanya satu diantaranya yang akan dijadikan sebagai proyek percontohan (pilot project), dalam proses KTP SIAK di Kota Batam ini. Ketika disinggung kecamatan mana yang akan dijadikan pilot project tersebut, Ria enggan menyebutkan. Termasuk ketika disebutkan bahwa Kecamatan Sekupang dan Kecamatan Batam Kota yang menjadi incarannya, Ria tetap tidak mau menyebutkan.“Untuk masalah ini, sudah saya bicarakan dengan instansi terkait. Kita ingin menetapkan satu kecamatan sebagai proyek percontohan untuk KTP SIAK ini nantinya. Tapi saya sudah mengincar dua kecamatan diantaranya,” ujarnya usai menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PKS bertempat di Pusat Informasi Haji (PIH) Batam Center, Sabtu (22/3).

Diakui Ria, saat ini sistem online antara kecamatan dengan Dinas Kependudukan (Disduk) Kota Batam, memang masih menghadapi gangguan. Akibatnya, proses entry data dari kecamatan ke Disduk masih menggunakan cara manual. Namun dirinya optimis jika masa transisi seperti saat ini sudah dilewati, persoalan sistem online akan membaik seperti yang diharapkan.

Paling lambat dia mengatakan, sistem online antara kecamatan dengan Disduk sudah membaik pada tahun 2009 mendatang. Pada tahun 2008 ini, akan diperbaiki secara bertahap. Baik dari sisi sistem, proses, personil maupun juga yang berkaitan dengan teknologi (IT) yang akan digunakan nantinya.

Apalagi Ria menyebutkan, bahwa saat ini data base kependudukan Kota Batam sudah rapi. Proses entry data masyarakat sudah selesai. Hanya tinggal bagaimana nantinya mempersiapkan sistem, proses, personil dan teknologi tersebut lebih baik lagi.

“Harus diakui, saat ini proses dari waktu ke waktu sudah menunjukkan peningkatan. Meskipun terjadinya gangguan, namun kita sudah menyiapkan berbagai alternatif lainnya. Salah satunya jaringan publik yang biasa digunakan provider. Saat ini kan 5 kecamatan masih menggunakan jaringan di 5,8 Mhz,” kata Ria.

Yang tidak kalah pentingnya tambah Ria, peran serta dan dukungan dari masyarakat itu sendiri. Terlebih dengan adanya masyarakat yang kritis, yang kemudian dapat membantu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik lagi. (sm/ra)

2 thoughts on “Satu Kecamatan Dijadikan Pilot Project

  1. Blog yang sangat bagus Pak Ria. Namun sayangnya isinya kebanyakkan berita koran yang sudah dipublikasi. Saya sangat ingin mendapat pemikiran langsung dari seorang Ria Saptarika, terutama nasehat dan motivasinya. Salam kenal pak Ria. Semoga dengan blog ini kita lebih banyak bertukar fikiran untuk kemajuan bersama, karena untuk bertatap muka sepertinya sangat sulit mengingat jadwal Pak Ria yang begitu padat. Saya tunggu kunjungan Bapak di http://rafkirasyid.com. Wassalam.
    —-
    Hi Mas Rafki Rasyid, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimakasih atas kunjugan & comment nya ke Blog sy masukannya sangat tepat karena tak cuma Mas Rafki yg memberikan review serupa. btw: setidaknya sy selalu merespon semua comment yg masuk secara langsung… walaupun masih belum dapat mengikuti masukan untuk sy dapat menulis sendiri di Blog sy.
    Dan🙂 setidaknya sy yg pertama memberi comment di blog anda pada posting “Poligami Atau Monogami” ini😀 … walaupun jangan di artikan…

    Salam hangat dari sy
    Wassalam
    Ria

  2. Saya benar-benar tidak menyangka kalau komentar saya akan direspon secepat ini. Saya berfikir baru besok setelah masuk kantor Bapak akan meresponnya. Tak menyangka seorang pejabat tinggi seperti Pak Ria Saptarika ternyata juga blogger sejati. Semoga blog ini menjadi pemecah tembok penghalang antara pejabat pemerintahan dengan rakyatnya. Salut…Salut.
    —-
    Ehm…🙂
    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s