Jangan Cuma Ayat-ayat Cinta

TRIBUN – Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengajak masyarakat untuk tidak hanya menonton film Ayat-ayat Cinta yang kini sedang jadi film favorit di Indonesia saja, tapi juga menyaksikan, membaca dan memahami ayat suci al-Quran.

Hal itu disampaikannya dalam pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran XXIV di halaman STC Sekupang, Minggu (23/3) malam. Dahlan meresmikan kegiatan tersebut dengan memukul bedug.

Dahlan mengimbau kepada kepala sekolah agar menyuruh siswanya menyaksikan MTQ ini. Karena selain bermanfaat untuk untuk membangun mental para remaja, juga untuk mengimbangi pesatnya pembangunan di Batam.
Pembukaan tersebut dihadiri oleh segenap unsur Muspida Kota Batam. Terlihat hadir Ketua LPTQ (Lembaga Pendidikan Tinggi al-Qur’an Batam), Ria Saptarika yang juga Wakil Wali Kota, Ketua DPRD Soerya Respationo, Ketua Otorita Batam Mustofa Widjaya, Kepala Kepolisian Kota Besar (Kapoltabes) Barelang Kombes Slamet Riyanto, Komandan Lanal Kolonel Muh Faishal, Komandan Kodim Letkol TNI Agus Suhardi dan jajaran muspida lainnya. Semua berpakaian adat Melayu.

Suasana di halaman STC benar-benar meriah. Ribuan masyarakat dari berbagai pelosok memadati acara pembukaan. Dua belas kafilah (rombongan) dari 12 kecamatan mengirimkan para qori dan qoriah terbaik mereka untuk mengikuti lomba membaca indah al-Quran ini.

Setiap kecamatan mengirimkan 40 utusannya, yang tadi malam secara defile berbaris, diiringi oleh puluhan rombongan pendukung. Setiap camat menjadi pimpinan kafilah atau rombongan. Di depan kafilah, tiga orang membawa panggar yang gemerlap sebagai panji-panjinya.

Satu per satu kafilah dari kecamatan tampil taaruf (perkenalan) mengelilingi empat astaka di depan STC. Dimulai dari Sekupang sebagai tuan rumah dan terakhir Batuampar sebagai mantan juara umum pada MTQ XXIII tahun 2006 lalu.
MTQ yang digelar setiap dua tahun sekali ini mempertandingkan 19 cabang antara lain Tartil, Tilawah, Tahfiz, Kaligrafi, Qiro’at, Tafsir, Syarhil, Fahmil dan lainnya. Mulai lomba tanggal 24 Maret, dari pukul 08.00 hingga 20.00. Pembukaan acara ini menampilkan Hj Rosmiati, qoriah yang pernah menjadi juara STQ (Seleksi Tilawatil Quran) 2007 di Sulawesi Selatan.

MTQ mulai 23 Maret hingga 29 Maret nanti, sekaligus pengumuman juara dan tausyiah Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara ini menghabiskan anggaran sekitar Rp 800 juta, dengan total hadiah Rp 276 juta yang akan diperebutkan oleh 480 peserta. Ada 100 dewan hakim independen, yang dilibatkan untuk menilai para qari dan qariah. (wid)

2 thoughts on “Jangan Cuma Ayat-ayat Cinta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s