Pemilu dan KTP SIAK

Rabu, 26 Maret 2008
Statemen Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto yang menyatakan bahwa pada Pemilu 2009, para pemilih tidak akan lagi menggunakan kartu pemilih, tetapi cukup menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP), merupakan sebuah kabar gembira. Mendagri mengatakan, ke depan KTP selain sebagai identitas domisili sekaligus berfungsi sebagai kartu pemilih dalam pemilu, akan menjadikan efisiensi penggunaan pembiayaan dalam penyelenggaraan pemilu.Aturan pelaksanaan KTP sebagai kartu pemilih dalam pemilu saat ini sedang dipersiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama pemerintah. Rancangan Peraturan Presiden tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil telah selesai dibahas dalam forum inter-departeman.

Mendagri meminta kepada pemerintah kabupaten/kota yang belum mempunyai peraturan daerah tentang administrasi kependudukan untuk segera menerbitkan dengan mengacu pada UU, Peraturan Pemerintah, dan peraturan pelaksanaan lain.

Sedangkan kabupaten/kota yang telah mempunyai peraturan daerah tentang administrasi kependudukan diminta segera menyesuaikan dengan UU, peraturan pemerintah, dan peraturan pelaksana lain.

Untuk efektivitas pelayanan administrasi kependudukan dan percepatan pembangunan database kependudukan, kabupaten/kota yang belum menggunakan sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) agar segera menerapkan.

SIAK diatur dalam UU Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Untuk mempercepat penerapan SIAK, pemerintah pusat telah memberikan stimulan peralatan SIAK (terbatas) pada kabupaten/kota.

Penekanan oleh Mendagri terhadap daerah agar menerapkan SIAK memang sangat positif dan akan banyak membantu berbagai hal kepentingan administrasi kependudukan.

Namun mengingat pelaksanaan Pemilu 2009 sudah sangat dekat, sedangkan program SIAK belum lagi jelas penerapannya, maka rencana dan harapan agar di Pemilu 2009, pemilih cukup memakai KTP, kemungkinan sulit diwujudkan.

Khususnya di Provinsi Kepri, hingga saat ini belum satu pun daerah kota dan kabupaten yang tuntas di dalam pelaksanaan KTP SIAK. Dari waktu ke waktu daerah masih saja berkutat dengan formulir pendataan dan lainnya. Sehingga dengan demikian data base mengenai penduduk memang sulit diperoleh.

Solusinya tidak lain dan tidak bukan, memang pemerintah kota (Pemko) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus bersunguh-sungguh menyiapkan pelaksanaan KTP SIAK. Sehingga masyarakat betul-betul nantinya bisa menyampaikan aspirasi atau pilihannya di Pemilu 2009. **

12 thoughts on “Pemilu dan KTP SIAK

  1. udah ujan, becek gak ada ojek..
    cape deh…

    gimana kl pemilu di undur smp semua sistem SIAK siap se-Indonesia???
    biar betah liat pak SBY😀

  2. Melihat perkembangan ini, kebijakan2 yang dibuat di pusat sudah mendekati system integrasi. Ini mungkin salah satu solusi dari ribetnya sistem birokrasi dan database. Kalau udah berbicara DPT(daftar pemilu Tetap) pada saat Pilkada/pemilu pasti ini merupakan masalah yang besar. Sehingga tidak salahnya menggunakan integrated database. Sehingga hanya satu acuan data yang digunakan.
    —-
    Yes!

  3. waaah gwaaat neh😀 ktp masih ala jkt sono lage preapre aah siapin administrasinya biar di akuin nyong Batam😀
    ——–

    Ayo Kang Dede cepetan jangan sampai ketinggalan.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. wah , pak ria saya mesti juga urus ktp siak juga nih, biar bisa pilih pak ria lagi . ya pak biar lancar deh.
    ——-
    Ini baru dukungan he he he🙂 🙂 🙂
    ehm sst…..! ini bukan Blog Barack Obama lho! tidak dibenarkan kampanye!

  5. Salut buat pak ria untuk SIAK plusnya🙂 tapi mohon pencerahan nih pak ria, ktp siak saya belum jadi-jadi juga (padahal udah foto dan lain lain dan hampir masuk dua bulan).

    gimana ya caranya nge-trace kira-kira mandek-nya dimana ?

    terima kasih sebelumnya pak, sukse selalu buat bapak.

    salam,
    Dhonny
    ——–
    lauar biasa mas Dhonny ini sabar sekali orang nya… padahal saya tahu pasti di dalam dadanya sudah meledak-ledak itu…
    Ok pls send me email by personnaly
    Thanks & Wassalam
    Ria

  6. Alhamdulillah, pak wawako. Hari kamis kemarin akhirnya saya dapat memiliki KTP SIAK Plus.

    terima kasih atas respon bapak, padahal saya belum sempat email japri lho pak. btw, this blog is very cool pak.

    salam,
    dhonny
    ———-
    Alhamdulillah!
    Thanks & Wassalam
    Ria

  7. Assalamu’alaikum, Pak Wawa gimana update terakhir tentang KTP? Gimana penanganan untuk warga dormitory mukakuning ? kalo yang karyawan kontrak gimana? kadang gak tahu apakah akan bertahan di batam berapa lama. Apa ada peraturan khusus dalam hal ini? Apalagi dikaitkan KTP untuk data pemilih, bisa-bisa angka pemilih di mukakuning akan sangat rendah sekali nanti… wassalam

  8. SIAK lagi nich jadi headline koran, bosen pak.
    Dari dulu masalahnya sama aja, Lambat.
    Pak Ria punya team support SIAK ini nggak ya?
    Saya bersedia menjadi relawan gak dibayarpun saya mau.
    Aq penasaran, apa aja sich yang dilakuin orang2 kecamatan.
    ———-
    Pak Younan,
    Terimakasih atas perhatiannya.
    Ayo gabung dengan team kita, saya tunggu, silahkan di komunikasikan via email saya

    Thanks & Wassalam
    Ria

  9. Iya Pak masyarakat sebenarnya banyak yang siap jadi relawan. Agar program KTP SIAK ini tidak terus dipersalahkan. Bagus juga ada team khusus penanganan KTP SIAK (PANSUS KTP SIAK). Saya juga siap jadi relawan…..
    Abu Husna
    ———
    Terimakasih Abu Husna.
    Good ini yang saya tunggu-tunggu… sy sudah send email via japri.
    Wassalam
    Ria

  10. Dear Pak Ria,
    Klo blh saya urun rembug soal SIAK.
    Prog SIAK yg dari Adminduk itu databasenya pakai ‘Oracle’ dengan Aplikasi Web JSP dimana ServerWeb menggunakan ‘Bea Weblogic’. Memang aplikasi belum sempurna/masih ada ‘bug’ sehingga diperlukan SDM lokal yang menguasai program2 diatas, krn klo ada trouble2 setelah Program diterapkan nggak tergantung kpd Supervisor dari Adminduk. Trus klo mau menerapkan yg ‘online’ apalagi pakai ‘wireless’ pilihlah rekanan yang memang handal dibidang tersebut.
    Semoga sukses🙂
    Salam.
    ———
    Hi Pak Fadjar, Terimakasih, masukannya bagus sekali.
    BTW:Anda berdomisili dimana?
    Dan kalau boleh beri masukan kongkrit kami sangat terbuka untuk menerima masukan guna perbaikan kedepan.
    Demikian & Wassalam
    Ria

  11. lapor pak!
    katanya untuk ngurus ktp (memperpanjang) tidak dikenakan biaya,tp dilurah tanjung uma ngambil formulirnya aja bayar rp20000,staff nya bernama kak ani,udah tua kerja tak bagus.main lempar sana sini.tak betol.ganti aja kalo memang dia tak mau kerja disitu lagi karena masih banyak yang mau kerja….
    ———-
    Terimakasih atas laporannya.
    Isnya Allah akan kami tindak lanjuti.
    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s