Poligami seperti Pohon Kelapa

ImagePAMOR dai kondang Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym ternyata masih bersinar. Kendati tanpa ditemani kedua istrinya, Ninih Mumthainah dan Alfarini Eridoni, Aa Gym tetap bisa memberikan ceramah yang menyentuh dengan sesekali diselingi canda tawa, di Masjid Raya Batam Centre, Jumat (28/3) malam.Kendati pernikahan poligaminya sempat memicu kontroversi dan banyak disayangkan para pecintanya, terutama kaum ibu-ibu, Aa Gym tetap disukai. Dengan gayanya yang santai dan ramah, dai kondang asal Bandung, Jawa Barat, ini tetap mampu membius para jamaah yang memadati masjid kebanggaan Kota Batam itu.

Bahkan Aa Gym mampu menjadikan tema poligami sebagai bahan canda. Tentu saja pimpinan pondok pesantren Daurul Tauhid ini juga mengusung bahan candaan seputar kehidupan masyarakat.

“Semua di dunia ini Allah SWT ngatur, termasuk juga jodoh. Jadi kalau jodoh saya untuk menikah lagi, saya hanya bisa menjalani,”ujar Aa Gym disertai anggukan kepala para jamaah.
Namun, Aa Gym tetap mengingatkan susahnya hidup berpoligami. Bukan hanya terletak pada rasa adil, poligami juga mengundang nada-nada sumbang. Terlebih lagi bagi dirinya yang menjadi panutan.
Aa Gym mengibaratkan cobaan yang dialami seseorang yang melakukan poligami seperti pohon kelapa. Pohon kelapa yang dimaksudkan Aa Gym adalah ketika buahnya direnggut dari dahannya dengan kasar. Kemudian buah kelapa yang dipetik itu dikupas dan batoknya dipukul-pukul hingga terbelah menjadi dua. Selesai?
Belum. Kedua bongkahan kelapa tersebut kemudian diparut dengan parutan besi. Habis diparut, remasan untuk mengambil sari pati buah kelapa pun dilakukan dan sang ampas kemudian dibuang. Bahkan, bila perlu dikucek-kucekan ke lantai, tak jarang pakai kaki pula. “Tapi semua itu kembali harus kita jalani dengan sabar dan ikhlas,” ujar Aa Gym.
Tampil dengan sorban putih di kepala dan baju koko cokelat, Aa Gym hadir di Batam untuk memperingati  Maulid Nabi Muhammad SAW. Ceramah  tersebut ditutup dengan pembacaan salawat dan doa-doa yang diikuti dengan hikmat seluruh jemaah, termasuk Ir Ria Saptarika, Wakil Wali Kota Batam.
Tidak hanya Ria, ceramah tersebut juga diliput dua wartawan televisi Prancis. Setelah memberikan ceramah dan melepaskan rindu para pengagumnya, Aa Gym melanjutkan perjalanan dakwahnya ke Masjid Raya Bukit Indah Sukajadi untuk beritikaf hingga pagi.(yah)

 

One thought on “Poligami seperti Pohon Kelapa

  1. pelan-pelan dakwah poligami bakal berjalan terus ya Pak Ria. Dulu poligami dianggap aib. Saat ini sudah agak melembek tanggapan negatifnya. Salut buat A’a Gym yg sudah mencontohkannya.

    Kalo P Ria kapan mau poligami ?
    ——-
    Hmmm…. Alhamdulillah. walaupun Sy takut untuk comment masalah ini… walaupu hati kecil sy menerima😀 karena secara syariat kita wajib menerimannya baik dalam keadaan ringan ataupun berat.
    Mas Tigis bikin saya tersipu aja nih.🙂😦
    Thanks & Wassalalm
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s