Soerya Lantik Mindorima

Minggu, 2008 Maret 30

Setelah menunggu sekitar 1,5 tahun lebih, akhirnya kader Partai Buruh Sosial Demokrat (PBSD), Mindorima Lumban Toruan dilantik. Di bawah pimpinan Soerya, paripurna istimewa pelantikan Mindorima berjalan lancar dan dia sah menjadi anggota dewan menggantikan Karles Sinaga. Mindorima akan menjabat sampai Agustus 2009 sesuai dengan pelantikan anggota DPRD periode 2004-2009. Pelantikan Mindorima berlangsung, Jumat (28/3) di ruang Paripurna DPRD Kota Batam. Hadir dalam kesempatan Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika, Asisten Gubernur Kepri Arifin Nasir mewakili Ismeth Abdullah sebagai gubernur, Ketua KPUD Kota Batam, Tibrani dan sejumlah tokoh partai politik.
Paripurna pelantikan dapat dilangsungkan setelah 30 orang dari 45 orang anggota DPRD Batam dinyatakan hadir serta menandatangani absen paripurna istemewa tersebut. Dengan pelantikan tersebut, dia akan menghuni Komisi IV yang membidangi Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia. Dengan digantikannya Karles Sinaga dengan Sinaga, hingga menambah jumlah perempuan di komisi IV, setelah sebelumnya ada Suhaeni dari PPP, Dameria Nadapdap dari PDS, dan Hartini Sari dari PKB.
Soerya yang memimpin acara paripurna istimewa pelantikan tersebut mengungkapkan, jika anggota dewan milik partai. Sewaktu-waktu anggota dewan bisa diganti. Dijelaskan, proses PAW cukup berlangsung lama. Awalnya, proses dilakukan setelah dewan menerima surat DPC PBSD tahun 2006, surat DPP PBSD tahun 2006 dan kemudian menyusul surat DPC PBSD 2007.
Setelah mendapat beberapa surat, dewan akhirnya melakukan pembahasan dan konsultasi dengan Departemen Hukum dan HAM, lantas mengirim surat ke KPUD pada November 2007 untuk meminta klarifikasi soal persyaratan Mindorima. Setelah November 2007 mendapat penjelasan dari KPUD, akhirnya PAW diproses dan 12 Februari 2008, mereka mendapat surat keputusan Gubernur Kepri.
Menurut Soerya, kalaupun ada banding yang dilakukan Karles, sah-sah saja dilakukan. Namun proses PAW dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Kita menjadikan hukum sebagai panglima dan kita mengucapkan terima kasih kepada Karles atas pengabdiannya,” kata Soerya.
Usai pelantikan, saat ditanya soal proses PAW anggota dewan dari PDS, Soerya mengaku belum mendapat kabar kelanjutannya. “PAW PDS belum ada kabar,” ujarnya singkat.
Sementara Ketua KPUD Kota Batam, Tibrani mengatakan, proses PAW tiga orang anggota dewan dari PDS masih dalam proses. Tiga nama yang dimaksud masing-masing, Rudi Sembiring, Reinhard Hutabarat dan Christianto Rikumahu.
“Saat ini masih terus diproses. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah selesai. Waktu juga masih ada, karena sesuai UU Susduk tahun 2004, proses PAW paling lambat dilakukan minimal 4 bulan sebelum masa periodenya berakhir,” terangnya.(Batam News)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s