Soerya Kaget Naiknya Tarif Air

Senin, 31 Maret 2008
Berlaku April 2008
BATAM CENTRE – Ketua DPRD Kota Batam Soerya Respationo mengaku kaget, mengetahui PT Adhya Tirta Batam (ATB) memberlakukan tarif baru terhitung Selasa (1/4) besok. Pasalnya, tidak ada pembahasan ataupun laporan yang masuk soal itu. Sementara Wakil Walikota Batam Ria Saptarika meminta PT ATB tidak memberlakukan tarif baru terlebih dahulu, sebelum ada penjelasan ke Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Menurut Soerya, baik persoalan listrik maupun air, menjadi kewenangan Komisi III DPRD Kota Batam. Baru setelah itu disampaikan ke dirinya selaku pimpinan DPRD. Namun hingga kemarin, Sorya mengaku belum menerima apapun laporan dari Komisi III tentang pemberlakuan tarif baru PT ATB.”Kalau Komisi III kaget, saya juga kaget,” ujar Soerya yang tidak mau
mengomentari lebih lanjut.

Sementara itu, Wakil Walikota Batam Ria Saptarika yang ditemui di Kota
Tanjungpinang usai menyambut peserta ‘Sepeda Jelajah Bintan 2008’, Minggu (30/3) juga tidak jauh berbeda dengan yang disampaikan Soerya Respationo. Hingga kemarin, dirinya belum menerima apapun laporan dari PT ATB dan juga Otorita Batam (OB), tentang pemberlakuan kenaikan tarif air tersebut.

Ria meminta PT ATB memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada Pemko Batam dan DPRD Kota Batam, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat Kota Batam. Bahkan PT ATB berkewajiban melakukan sosialisasi agar tidak menimbulkan persoalan di tengah-tengah masyarakat nantinya.

“Sosialisasi seharusnya dilakukan. Karena tanpa sosialisasi, masyarakat tidak akan tahu. Apalagi Pemko dan DPRD juga tidak menerima laporan secara resmi. Apa yang harus kita sampaikan ke masyarakat nantinya,” kata Ria.

Untuk itu, Wakil Walikota Batam ini meminta agar PT ATB tidak memberlakukan tarif air baru pada Selasa (1/4) besok. PT ATB diminta memberikan laporan secara jelas dan melakukan sosialisasi dengan baik.

Jika tetap diberlakukan tarif baru kepada masyarakat Kota Batam terhitung 1
April 2008 atau sesuai skenario periode II, Ria menegaskan akan memanggil PT ATB pada hari ini Senin (31/3).

“Saya berharap PT ATB tidak memberlakukan tarif baru itu. Untuk masalah
pembatalan atau tidak, harus ada pembahasan secara bersama-sama. Tapi yang jelas, hingga saat ini baik PT ATB maupun OB tidak ada menyampaikan rencana kenaikan tarif air periode II kepada kita. Harus ada evaluasi terlebih dahulu,” kata Ria menegaskan.

Sesuai SK Ketua Otorita Batam (OB) No 106/KPTS/KA/XII/2007 ini berlaku bagi golongan sosial dengan pemakaian 21-30 meter kubik, dan golongan non niaga untuk pemakaian 21-di atas 40 meter kubik. Untuk pemakaian 0-10 meter kubik, tidak mengalami kenaikan tarif air dari periode I yang diberlakukan Januari 2008 kemarin. Begitu juga untuk pemakaian 11-20 meter kubik, tidak mengalami kenaikan.

Namun untuk pemakaian 21-30 meter kubik, terjadi kenaikan setelah tarif
periode I. Berlaku bagi golongan sosial umum dan sosial khusus sebesar
Rp1.200. Dengan pemakaian yang sama, berlaku juga kenaikan pada golongan non niaga khususnya instansi pemerintah sebesar Rp5.500/meter kubik, dan rumah murah sebesar Rp1.500/meter kubik.

Golongan non niaga dalam hal ini rumah tangga, ikut mengalami kenaikan sebesar Rp6.500 untuk pemakaian 31-40 meter kubik. Dengan pemakaian yang sama, instansi pemerintah naik menjadi Rp7.000 dan rumah tangga sebesar Rp2.000/meter kubik. Tetapi untuk pemakaian di atas 40 meter kubik, hanya dikenakan pada rumah tangga sebesar Rp7.500 dan instansi pemerintah sebesar Rp8.500.

Bagi golongan niaga (kecil dan besar), golongan industri (kecil dan besar)
serta khusus pelabuhan, mulai dari pemakaian 0-di atas 40 meter kubik tidak
mengalami kenaikan tarif. Tetap mengacu pada tarif periode I.

Humas PT ATB Adang Gumilar menyebutkan bahwa mulai 1 April mendatang, sudah berlaku faktur penagihan dengan tarif baru. Dan kenaikan tarif pada periode II ini merupakan satu paket dengan periode I, yang berlaku pada Januari 2008 lalu.

“Awalnya kita (ATB-red) ingin sekaligus saja. Tapi OB inginnya berlaku secara bertahap seperti ini. Untuk kenaikan April mendatang, merupakan satu paket dengan bulan Januari kemarin. Dan tentunya masyarakat juga tahu akan hal itu,” kata Adang sebelumnya. (sm/ra)

One thought on “Soerya Kaget Naiknya Tarif Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s