Tarif Air Jangan Naik Dulu

BATAM, TRIBUN – Sesuai skema dalam keputusan yang telah diteken oleh Ketua Otorita Batam 17 Desember 2007 lalu, seharusnya hari ini, Selasa (1/4), PT Adhya Tirta Batam (ATB) menaikkan tarif air.

Namun rencana itu tampaknya bakal tak berjalan mulus. Sebab ada reaksi penolakan dari Pemerintah dan DPRD Kota Batam.

Wakil Wali Kota, Ria Saptarika meminta supaya ATB jangan dulu menaikkan tarif air. “Saya mohon ATB jangan menaikkan tarif air dulu. Karena sampai saat ini belum ada progres report terkait dengan yang pernah disampaikan pemko dulu. Kita belum menerima sama sekali, jadi kita tidak tahu apa yang sudah dikerjakan ATB. Kita akan memanggil dalam waktu dekat,”kata Ria kepada Tribun, Senin (31/3).

Komisi III DPRD Kota Batam juga segera memanggil manajemen ATB untuk menanyakan perihal kenaikan tarif air. Sebab, ada 11 item rekomendasi dari Dewan yang sampai saat ini belum dijalankan ATB. “Saya melihat belum dilakukan, termasuk meningkatkan standar pelayanan. Padahal itu salah satu poin mendesak yang kita rekomendasikan,”kata Ketua Komisi III, Edy Robert Siahaan, kemarin.
Robert mengaku belum tahu kalau tarif air ATB naik lagi. “Saya baca di koran, ATB akan naikkan tarif, saya kaget. Karena itu akan kita panggil ATB minta klarifikasi kenaikan tarif air ini,” katanya.
Begitu juga anggota Komisi II Irwansyah. Ia mengatakan, tidak ada perubahan yang dilakukan sehingga ATB tak pantas menaikkan tarif air. Ia mendesak OB untuk tegas mengontrol apa yang dilakukan ATB. Sebab, masih banyak warga belum dapat layanan air bersih, seperti di Tanjung Riau dan Mutiara View.
Sesuai SK yang diteken Ketua Otorita Batam, Mustofa Widjaya, yakni SK nomor 106/KPTS/KA/XII/2007 tanggal 17 Desember 2007, ada tiga tahap kenaikan tarif air, yakni Januari dan April 2008, serta Januari 2009. Hanya tarif industri, pelabuhan dan bandara yang tidak naik.
Ada sejumlah kewajiban yang harus dilaksanakan ATB sebelum menaikkan tarif. Namun hingga kini kewajiban itu belum dipenuhi.(hat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s