Di Balik Kesuksesan MTQ XXIV Kota Batam

Kamis, 03 April 2008
Quran Centre Tingkatkan Mutu MTQ
Musyabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIV Kota Batam berakhir sudah, Sabtu (29/3) lalu di Star Trade Centre (STC) Mall, Sekupang. Kecamatan Batam Kota keluar sebagai juara umum, menggusur dominasi Batuampar yang sempat berjaya ketika MTQ XXIII Kota Batam tahun lalu. MTQ ke-XXIV ini juga disebut-sebut sebagai gelaran terakbar dan termariah. Warga tumplek, menyesaki taman dan lapangan parkir STC Mall malam itu.Malam penutupan itu telah memuaskan pihak penyelenggara. Sampai-sampai Wakil Walikota Batam Ria Saptarika yang menutup acara tersebut memotivasi kecamatan lain untuk bisa tampil lebih sukses dari penyelenggaraan MTQ ke-XXIV ini.

Tidak hanya itu, MTQ ke-XXIV ini bahkan membangkitkan kepercayaan diri pengurus LPTQ Kota Batam, kalau para jawara-jawara MTQ kali ini adalah bibit yang berkualitas bisa meraih sukses pada MTQ di Natuna.

Lantas apakah para jawara itu terlahir dengan sendirinya? Ternyata jawabannya tidak. Sebab para pemuncak-pemucak MTQ ke-XXIV ternyata merupakan hasil penggodokan dari sebuah lembaga yang namanya Quran Centre.

Sebut saja nama Mukhlis Saputra yang tampil sebagai juara pertama tilawah anak-anak putra. Mukhlis adalah hasil rekrutmen Quran Centre yang berasal dari P. Geranting dua tahun lalu.
Saat ini dia tampil sebagai bibit unggul Batam yang siap bertarung di MTQ Kepri di Natuna. Dia sepertinya bakal mengharumkan nama Batam dengan kemampuannya.

Lihat saja dari kualitas suaranya dan alunan lagu dalam membaca Alquran dalam malam penutupan kala itu. Ribuan penonton larut dalam nyanyian Alquran yang dikemandangkan oleh Mukhlis.

Direktur Quran Centre, Mahadi Rahman bahkan menyatakan, berdasarkan penilaian dari pelatih MTQ nasional, kemampuan Muhklis patut diperhitungkan dalam MTQ nasional yang bakal digelar di Banten.

Tidak hanya Mukhlis, sederetan para jawara MTQ ke-XXIV tingkat Kota Batam itu merupakan produk Quran Centre, pimpinan Mahadi tadi.
Mereka itu antara lain, Ulfa Sukriya, pemuncak tilawah Putri, utusan Bengkong Laut, Nur Hasanah, juara I remaja. putri dari Pulau. Pemping. Qomaruddin, juara I tahfiz 1 juz, dari Pulau Seraya. Rizki, tahfiz Quran 20 juz dari Batuaji, Mariana juara I tilawah dewasa putri, Hj. Apriatinis juara I Qiraat Sabah, Nur Fiska juara II Tahfiz Alquran 5 juz dari P Terung.
Rofiunddin, juara III Hafiz Alquran 10 juz, Pulau Pemping. Ulfa Alfisah (tilwah II anak-anak) dari Tanjungpinang. Dian juara III tilawah anak-anak dari Sagulung. M. Nasir juara I Kaligrafi Hiasan Mushaf Quran dan M. Saiful, Khattil Alquran cabang Dekorasi.

Mahadi Rahman yang membesut para jawara MTQ ini bahkan siap membawa para bibit-bibit unggul Kepri ini untuk mengikuti uji coba, 12 April 2008 mendatang di kampus Perguruan Tinggi Ilmu Alquran dan Institute Ilmu Alquran, Jakarta. Kampus tempat para qori-qoriah dan hafiz-hafizah terbaik Indonesia di gembleng.

“Ini adalah program LPTQ Provinsi Kepri yang dipimpin langung oleh Wakil Gubernur Kepri H.M Sani. Para santri Quran Centre yang berasal dari Batam dan seluruh kabupaten/kota se-Kepri itu kita boyong ke Jakarta untuk uji coba,” kata pria bertitel sarjana Alquran ini, Rabu (2/4) ketika dihubungi via telepon.

Tidak hanya itu, dalam rangka menyongsong penyelenggaraan MTQ tingkat Nasional di Banten, para santri tadi juga dibawa langsung ke arena tempat MTQ yang akal digelar. Tujuannya, melatih mental para santri, jelang penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Kepri di Natuna dan nasional di Banten.

“Insya Allah, jika semua berjalan lancar, kafilah Provinsi Kepri pada MTQ nasional nanti bisa berbicara banyak. Kita bersyukur, Gubernur Kepri, Ismeth Abdullah telah mensupport cita-cita mulia ini dari dulu,” ujarnya. (sm/ghafur)

5 thoughts on “Di Balik Kesuksesan MTQ XXIV Kota Batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s