Anggota Satpol jadi Korban Malaria

Selasa, 2008 April 08
Anggota Satpol jadi Korban Malaria

Penyakit malaria kembali menghantui warga Batam. Dua bulan terakhir, jumlah penderita malaria mencapai 17 orang. Jumlah pengidap penyakit mematikan ini cendrung meningkat. Bahkan pada Minggu (6/4) lalu seorang anggota Satpol PP Kota Batam, Syahrizal (25) meninggal karena sakit malaria. Syahrizal sempat dirawat di Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK) sejak Jumat lalu. Minggu, sekitar pukul 22.30 WIB pria yang kesehariannya bertugas di Kantor Kecamatan Sagulung ini meninggal.

Kabid P2PL Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Nenden Siti Komariah menuturkan, malaria yang diderita Syahrizal adalah jenis falsiparum. Malaria falsiparum termasuk ganas, selain itu ia sudah menderita penyakit itu sebelum datang ke Batam. Sehingga masuk dalam masa inkubasi dan tidak terdeteksi.
“Bisa juga dipicu karena rendahnya daya tahan tubuh,” ungkap Nanden, kemarin.
Secara rinci, Nenden menjelaskan dari tujuh penderita malaria, tiga diantaranya menderita malaria falsiparum dan empat lainnya menderita malaria vivax. Di bulan Februari empat di antaranya kena malaria falsiparum dan tujuh lainnya malaria vivax.
Untuk Kota Batam, wilayah endemik malaria yakni Pulau Sambu, Batu Besar, Rempang Cate, Sembulang, Belakang Padang, Pulau Sekanak, Terong dan Kasu. Di Februari di pulau Sambu terdapat dua orang penderita, Batu Besar satu orang, Sembulang satu orang dan Rempang Cate dua orang.
“Kita rutin melakukan survei. Belum lama ini survei kita ke Sambu. Dari 754 sample darah yang diperiksa satu dinyatakan positif. Pemeriksaan di Pulau Terong, dari 61 sample darah keseluruhannya negatif,” katanya.
Syahrizal yang meninggal karena terserang Malaria meninggalkan seorang istri bernama Jamila. Pria yang pernah bertugas di Rumah Dinas Wakil Wali Kota (Wawako) ini tinggal di Komplek Bukit Jodoh, Sei Panas Blok 2, nomor 7 Rt 03 RW 02, Kelurahan Bukit Jodoh.
Sebelum dikuburkan di pemakaman umum, Sei Panas, Ria Saptarika, Wawako Batam menyampaikan duka yang sedalam-dalamnya. Menurutnya selama bertugas di kediamannya, almarhum dikenal cepat akrab dengan keluarganya.(Batam News)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s