Gagas Karate Masuk Sekolah

Monday, 07 April 2008
Rakercab Pengcab Forki Batam
BATAM (BP) – Pengurus Cabang Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Pengcab Forki) Batam mulai menggagas agar olahraga karate bisa masuk sekolah (karate go to school). Terutama di mulai level Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tujuannya agar program pembinaan usia dini bisa berjalan maksimal.Gagasan ini muncul saat sesi tanya jawab antara Ketua Umum Pengcab Forki Batam, Ria Saptarika dengan puluhan atlet dan pengurus dari 10 perguruan karate yang ikut dalam rapat kerja cabang (Rakercab) Pengcab Forki Batam di Golden View Hotel, Bengkong, kemarin (6/4).
Meski rencana program ini sudah pernah disampaikan pada rakercab sebelumnya, namun pelatih BKC, Aldi kembali mengusulkan agar gagasan tersebut bisa segera direalisasikan. Menurut dia, memasukkan olahraga karate sebagai ekstrakulikuler (eskul) di sekolah-sekolah sangat positif dalam meningkatkan pembinaan usia dini.
Ria yang juga menjabat Wakil Wali Kota Batam tersebut, sangat mendukung gagasan tersebut. Bahkan, pada kesempatan itu juga meminta Ketua Harian Pengcab Forki Batam Ayi Afriyanto untuk segera menyusun draf program karate go to shcool untuk diajukan ke Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam.
Menurut Ria, jika program karate go to school ini bisa berjalan, maka akan memberikan dampak positif bagi pelajar. Karena, lewat kegiatan positif ini, akan mengurangi dampak pelarian para pelajar terhadap kegiatan-kegiatan negatif, seperti narkoba dan lain-lainnya.
“Jadi, sebenarnya tidak ada alasan menolak program karate go to school ini. Langkah ini sangat positif. Disamping memperkenalkan olahraga karate, ini juga suatu langkah pembinaan usia dini/pelajar. Selain itu, kegiatan-kegiatan para pelajar juga akan lebih terarah lewat olahraga karate ini,” ujarnya.
Sementara itu, Kabid Organisasi KONI Batam, Heri Supriyadi menyampaikan, berdasarkan amanat Undang Undang Keolahragaan, ke depan setiap organisasi harus memilki badan hukum. Selanjutnya, membangun industri olahraga lewat pencapaian prestasi. “Saya berharap, Forki Batam bisa menjadi barometer pencapaian prestasi ini,” ucapnya.
Ketua Harian Forki Batam Ayi Apriyanto mengatakan, rakercab ini bertujuan untuk mengevaluasi program-progam sepanjang tahun 2007, serta menyusun program lagi untuk tahun 2008. (mta)

2 thoughts on “Gagas Karate Masuk Sekolah

  1. Program yang sangat bagus untuk pembinaan pelajar dan generasi muda Kota Batam.
    ———-
    Thanks atas supportnya Mas Agus Win,
    Tapi harus di genjot terus nih.
    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s