KTP Kuning Segera Diputihkan

Tuesday, 08 April 2008
BATAM (BP) – Dalam waktu dekat, Pemerintah Pusat berencana melakukan pemutihan terhadap KTP kuning. Langkah ini diambil sejalan dengan rencana difungsikannya KTP SIAK sebagai kartu pemilih dan banyaknya keterlambatan yang terjadi.Bagi mereka yang masih memegang KTP kuning, akan diganti dengan KTP SIAK. Begitu pula mereka yang belum memiliki KTP. “Pemerintah pusat akan menurunkan anggaran untuk mempercepat,” ujar Wakil Wali Kota (Wawako) Batam, Ria Saptarika, kemarin.
Berapa dana yang akan diturunkan pusat, Ria mengaku tidak tahu. Namun dirinya telah menginstruksikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk dan Capil) untuk menyiapkan anggaran dan komputer untuk entri data masal nantinya. Semua Disduk sudah berkumpul di Jakarta dan merundingkan rencana ini, pekan lalu.
Untuk rencana SIAK ini, Ria mengatakan Batam diuntungkan dengan sudah banyaknya data masyarakat yang terkomputerisasi. Dari catatan Disduk, hampir 800 ribu nama yang terdaftar. “Memang itu termasuk yang dulpikasi juga,” kata Ria.
Sayanganya, jika pelaksanaan pemutihan masal ini dipertengahan tahun, tentunya tidak ada dana pendamping. Sementara Pemerintah Pusat hanya menyiapkan dana untuk operator pengentri data.
Namun tetap, untuk rencana ini, Pemko akan membentuk tim. Begitu pula SDM operator yang akan mendapat pelatihan langsung dari pemerintah pusat. “Tapi sebenarnya lamanya entri data ini karena perlu pembiasaan saja. Kalau sudah rapi malah bisa pakai barcode,” lanjut Ria, menanggapi pengakuan operator dalam RDP bersama Komisi I beberapa waktu lalu.
Terkait niat Komisi I memanggil Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Ria mengatakan siap-siap saja. Namun karena ini terkait masalah teknis, katanya, mestinya bisa selesai di tingkat dinas. “Prinsipnya kita siap. Tapi tidak menantang dan tidak pula menolak,” katanya meluruskan.
Nantinya, akan ada mekanisme untuk mengetahui apakah seseorang sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. ***

Advertisements

3 thoughts on “KTP Kuning Segera Diputihkan

  1. Pak, saya setuju jika dilakukan pemutihan KTP kuning, dan prosesnya sebaiknya dikoordinir dari RT tempat tinggal masing-masing agar tidak berbelit dengan mengisi daftar susunan keluarga untuk isian KK serta melampirkan KTP Asli lama (yang penting KTP Batam) sehingga semua anggota keluarga per tgl. pendataan telah termuat dalam 1 KK (hemat kertas).

  2. Bagus bila sudah ada langkah2 yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan KTP SIAK ini.

    Omong-omong apakah rencana (Tribun, 15 April 2007) pembelian laptop seharga 22 juta untuk Camat dan Pemko termasuk untuk KTP Siak ini?

    Surprise juga sih baca komentar pejabat pembeli yang bilang Camat perlu laptop yang spec tinggi, bukannya sebatas microsoft office dan internet saja? Bung Ria tolong lah dicek apa betul tuh keperluan mereka setinggi itu, wong untuk yang namanya Programmer aja pake laptop yang 7 jutaan branded juga udah cukup.

    Sayang loh kalo saya yang punya uang .

    Semoga berguna.
    ———-
    Hi Mas Herman, Terimakasih atas aspirasinya… kita akan coba rasionalisasikan.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. pak tolong ditertibkan sekretaris rw sagulung,sungai langkai.
    saya mau ngurus ktp,beliau minta uang 300 ribu,
    sudah banyak meresahkan warga.
    ———-
    Hi Pak Febrian, Terimakasiha atas laporannya.
    Sebaiknya anda cukup minta surat pengantar kepada ybs, sebab sekarang ngurus KTP sudah lmudah dan tidak lama.

    Sya akan minta lurah setempat juga untuk mengingatkannya.
    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s