Gratis Hanya 1,5 Bulan Saja

Wednesday, 09 April 2008
Operasional Bus Sekolah
BATAM (BP) – Dua unit bus sekolah gratis yang melayani antar jemput siswa-siswa yang bersekolah di kawasan Galang dan sekitarnya, sudah beroperasi. Sayangnya, anggaran untuk operasional bus tersebut hanya Rp17 juta. Dana cekak tersebut, hanya cukup untuk mengoperasikan bus selama 1,5 bulan.Kondisi ini mengancam kelangsungan bus gratis tersebut. Siswa-siswi yang sudah dua hari ini menikmati angkutan gratis itu bisa-bisa harus merogoh koceknya lagi, karena Pemko tak menganggarkan biaya operasional bus itu.

Menurut Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika, tak dianggarkannya dana operasional bus gratis itu karena tadinya Pemko bermaksud menggandeng pihak ketiga dalam mengoperasionalkan bus gratis tersebut.
“Namun, setelah ditelaah bagian hukum Pemko, ternyata untuk bisa seperti itu, harus ada persetujuan DPRD. Sehingga, bus ini jalan dengan dana seadanya dulu,” tukas Ria.
Supaya bus tetap bisa jalan, kata Ria, ia sudah mengajukan surat ke DPRD Batam. Ia berharap DPRD segera memberikan persetujuan. Selain itu, lanjutnya, ia juga sudah bertemu dengan sejumlah lembaga zakat di Batam, seperti DSNI, rumah zakat, BAZ Batam dan lainya agar bisa membantu dana operasional bus tersebut.
“Mereka mau membantu. Hanya saja, kami menunggu persetujuan DPRD. Mudah-mudahan, persetujuan itu terbit sebelum 1,5 bulan ini,” tukas Ria.
Kemarin, Ria meninjau langsung operasional bus gratis tersebut. Ria ke SMAN 10 Batam di Sijantung, salah satu titik pengantaran dan penjemputan siswa. Ria juga ikut naik bus, bersama siswa-siswa lainnya.
Mengapa dananya hanya Rp17 juta? Kadis Pendidikan Batam Muslim Bidin mengatakan, dana Rp17 juta itu sebenarnya hanya anggaran untuk pemeliharaan bus tersebut selama satu tahun. “Namun, karena bus ini harus jalan dan dana operasionalnya tak ada, anggaran itu dipakai untuk operasional bus,” tukasnya.
Sejumlah siswa di kawasan Galang mengaku terbantu dengan keberadaan bus sekolah gratis itu. Novianti (17) siswa SMAN 10 Batam di Sijatung yang tinggal di Jembatan IV Barelang misalnya, mengaku bisa berhemat Rp4 ribu per hari sejak kehadiran bus itu.
“Dulu, kalau pulang suka tak dapat bus. Kami terpaksa jalan kaki. Sekarang enak, busnya ada dan gratis,” katanya. (med)

5 thoughts on “Gratis Hanya 1,5 Bulan Saja

  1. ass,wr,wb
    Pak ria untk perasional bus bisa di minta dari siswa yang menggunakan bus dengan biaya tyan murah misal 500 rupiah . kekurangannnya di subsidi oleh BAZIS ( Badan Infak Zakat dan Sodakoh.
    wassalamualaikum wr wb.

  2. Ini sebenarnya program yang menyentuh ke akar rumput Pak. Harap terus perjuangkan. Mudah-mudahan anggota dewan kita lagi tidak ‘sibuk’ sehingga cepat mengesahkan program ini.

  3. Aslkm…..moga DPRD menyetujui ya pak, dan bisa dianggarkan setiap tahunnya dalam APBD., apalagi Batam kan PAD-nya lumayan besar..

  4. Salut kepada program ini. Sangat berpihak pada rakyat, yang berbeda dengan kebijakan listrik.

    Mari jaga aset rakyat ini dengan baik.

  5. Assalamu`alaikum wr. wb..

    Mohon dibaca artikel tentang jeritan seorang guru swasta di blog saya pak….., semoga bisa menjadikan pencerahan bagi kita dan sekaligus bisa menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan.

    http://www.eko-sumarsono.blogspot.com

    terimakasih sebelumnya,

    Wassalamu`alaikum wr. wb..

    Eko Sumarsono
    ——–
    Hi Bung Eko, Assalammu ‘alaikum wrwb.
    Tulisnnya tentang Akankah Guru Honor Sejahtera ? Bagus Sekali.. terimakasih telah memberitahu ke Blog sy.
    saya sudah membacanya… namun Batam memang masih banyak PR nya… Insya Allah kita perbaiki perlahan-lahan
    Thanks & Wassalam.Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s