Dewan Ingin Ada Jaminan

Saturday, 19 April 2008
Warga Bisa Mencoblos
BATAM (BP) – Kebijakan pemerintah yang memfungsikan KTP SIAK (sistem informasi administrasi kependudukan) sebagai kartu pemilih pada Pemilu 2009, membuat gusar DPRD Batam. Mereka takut, karut-marutnya pembuatan KTP SIAK di Batam bakal menghilangkan hak pilih masyarakat.Pasalnya, banyak keluhan masyarakat soal pembuatan KTP SIAK. Pembuatan KTP SIAK dianggap terlalu lama. Bahkan, ada yang sampai tiga bulan KTP SIAK-nya belum selesai dibuat.
“Ini yang perlu dicari solusinya segera. Jangan sampai, hak pilih masyarakat tak bisa digunakan karena pembuatan KTP SIAK amburadul,” kata Ketua Komisi I DPRD Batam, Ruslan Kasbulatov, kemarin.
Komisi I, kata Ruslan, sudah mengirim surat ke pimpinan DPRD Batam agar Dewan meminta keterangan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam berkaitan kesiapan Pemko Batam melayani pembuatan KTP SIAK seluruh warga Batam sebelum Pemilu 2009, digelar. “Kami ingin tahu apa langkah Pemko untuk mengatasi itu,” tukasnya.
Sebelumnya, Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mengatakan, pemerintah Pusat berencana melakukan pemutihan terhadap KTP kuning.
Langkah ini diambil sejalan dengan rencana difungsikannya KTP SIAK sebagai kartu pemilih dan banyaknya keterlambatan yang terjadi.
Bagi mereka yang masih memegang KTP kuning, akan diganti dengan KTP SIAK. Begitu pula mereka yang belum memiliki KTP. “Pemerintah pusat akan menurunkan anggaran untuk mempercepat,” ujar Wakil Walikota Ria Saptarika, kemarin.
Berapa dana yang akan diturunkan pusat, Ria mengaku tidak tahu. Namun dirinya telah menginstruksikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk dan Capil) untuk menyiapkan anggaran dan komputer untuk entri data masal nantinya.
Pemko juga akan membentuk tim. Begitu pula SDM operator yang akan mendapat pelatihan langsung dari pemerintah pusat. “Tapi sebenarnya lamanya entri data ini karena perlu pembiasaan saja. Kalau sudah rapi malah bisa pakai barcode,” kata Ria.(med)

2 thoughts on “Dewan Ingin Ada Jaminan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s