Hutan Dapat Nilai Tertinggi

2008 April 20

Penilaian Objek Adipura

Tim penilaian Adipura hampir merampungkan tugasnya menilai objek-objek yang masuk kategori penilaian untuk penghargaan Adipura. Di antara objek-objek yang dinilai di Batam, hutan lindung mendapat nilai tertinggi dibanding nilai objek-objek lainnya di Batam. Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika kepada wartawan, Ahad (20/4) di Batamcentre.

”Sangat tingginya nilai hutan lindung tersebut karena keberadaan hutan lindung di Batam masih terjaga dengan baik,” ujar Ria.
Dijelaskan Ria, hutan lindung di Batam terjaga dengan baik. Hanya beberapa hektare saja hutan lindung di Batam yang beralihfungsi yaitu hutan lindung Baloi. Hutan lindung yang beralih fungsi tersebut juga sudah diganti di hutan Tembesi.
”Namun saya akui masih ada beberapa daerah yang gundul karena akan dibangun perumahan. Tapi, itu tidak masuk kawasan hutan lindung. Ke depan juga diperbaiki dan ditingkatkan penghijauan di perumahan,” tuturnya.
Untuk lebih menghijaukan Batam, Pemerintah akan menghijaukan lagi sekitar 30 persen hutan lindung. Perumahan diharapkan juga melakukan penghijauan hingga 20 persen dari kondisi sekarang. ”Ini sejalan dengan Perda RTRW (Rencana Tata Ruang dan Wilayah) Kota Batam yang baru direvisi dan disahkan,” pungkas Ria.
Ria juga mengharapkan, program penghijauan yang dilakukan PKS di Perumahan Marchelia, juga bisa ditiru dan dilakukan di perumahan-perumahan lain di Batam.
Terhadap hasil penilaian Adipura, Ria optimis Batam bisa mempertahankan piala Adipura tahun ini.(Batam News)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s