Tuntaskan KTP SIAK

Monday, 21 April 2008
Hari Ini,Dibahas DPRD-Pemko
SENIN (21/4) hari ini, DPRD Batam dan Pemko Batam akan bertemu membahas masalah pembuatan KTP SIAK.Dewan khawatir, berlarut-larutnya pembuatan KTP SIAK bakal menimbulkan masalah dalam Pemilu 2009, mendatang.

“Saya undang Wali Kota Batam sampai ke tingkat camat untuk menjelaskan soal KTP SIAK ini. Dari Dewan, dihadiri seluruh unsur pimpinan,” kata Ketua DPRD Batam Soerya Respationo, di kantor DPC PDI Perjuangan Batam, Batam Centre.

Menurut Soerya, ada dua masalah yang harus segera diselesaikan terkait KTP SIAK itu. Pertama, adanya aspirasi masyarakat yang mengeluhkan lambannya pembuatan KTP.
“Kedua, agenda Pemilu 2009 yang sudah di depan mata. Ini harus segera diselesaikan agar tak ada masalah di kemudian hari,” tukas Soerya. Saat ini, kata Soerya, ia melihat masyarakat Batam memiliki semangat menyukseskan Pemilu 2009.

“Jangan sampai, masyarakat yang sekarang bersemangat itu, tak bisa ikut memilih karena syarat formalnya yakni memiliki KTP SIAK itu tak terpenuhi,” ujarnya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mengatakan, pihaknya siap memenuhi panggilan Komisi I DPRD Batam untuk memberikan penjelasan terkait pelayanan pembuatan KTP SIAK (sistem informasi administrasi kependudukan) bagi warga sebelum Pemilu 2009 digelar.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPRD Batam Ruslan Kasbulatov mengungkapkan kekhawatirannya atas amburadulnya pembuatan KTP SIAK di Batam yang berpotensi menghilangkan hak pilih masyarakat.

“Sampai saat ini (pelayanan KTP SIAK, red) terus diperbaiki,” kata Ria menanggapi keterlambatan pembuatan KTP SIAK saat ditemui wartawan di Perumahan Marchelia, Batam Center, kemarin.
Ditanya kendala yang dihadapi pemerintah dalam pembuatan KTP SIAK ini, Ria mengatakan, ada beberapa hal yang sedang dibenahi, antara lain hardware, software dan sumber daya manusia (SDM) yang mengoperasikan pembuatan KTP SIAK.

Yang jelas, lanjut Ria, pemerintah dalam hal ini Dinas Kependudukan (Disduk) dan Kominfo terus bekerja selama 24 jam. Pemerintah tidak tinggal diam.

“Saya optimis, tapi beri waktu,” katanya. “Pemilu 2009 masih jauh,” tambah Ria.
Saat ini, data kependudukan untuk keperluan Pemilu 2009 sudah 100 persen masuk melalui entry masal yang sudah dilakukan sebelumnya. Menurut Ria, Batam justru menjadi daerah yang paling siap dari segi data penduduk untuk pelaksanaan pemilu. (med/why)

One thought on “Tuntaskan KTP SIAK

  1. Dengan hormat,

    Begini Pak, saya punya KTP ada 2, dari kota asal saya (Yogya) & Batam,,,,,
    Nah yg mau saya tanyakan, bagaimana sistem pencatatan kependudukan di Indonesia? Dimana setiap orang bisa memiliki lebih dari 1 KTP,apa sanksi untuk itu dan jika ada apakah itu benar-benar sudah di laksanakan?

    terima kasih..
    ———
    Hi Srikandi R, Terimakasih atas kunjungan dan comment nya.
    Dingan terlah diberlakukannya UU. No.23/2006 (Silahkan Download disini) maka tidak dibenarkan lagi WNI memiliki KTP atau KK lebih dari satu, bahkan sangsinya cukup berat silahkan baca dibawah:

    UU.No.23/2006
    Pasal 97
    Setiap Penduduk yang dengan sengaja mendaftarkan diri sebagai kepala keluarga atau anggota keluarga lebih dari satu KK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 62 ayat (1) atau untuk memiliki KTP lebih dari satu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 63 ayat (6) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau denda paling banyak Rp25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah).

    Sedangkan apakah akan mulai diberlakukan?, tentu tergantung para penegak hukum, dan sangat mungkin sekali manakala kita tersandung kasus kecil yg tidak ada kaitan langsung, lalu akhirnya ditemukan anda memiliki dua KTP maka pada saat itu aturan diatas bisa saja diterapkan pada anda.
    mohon maaf tidak untuk menakuti, sekedar berjaga-jaga.

    Semoga bermanfaat.
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s