Ramai-ramai Masuk Toilet

Rabu, 23 April 2008

HARI pertama Ujian Nasional (UN) di Batam, Selasa (22/4), secara umum berlangsung aman dan lancar. Para siswa mengerjakan soal dengan berbagai ekspresi masing-masing.

Pemandangan menarik terlihat saat Tribun memantau ujian Bahasa Indonesia di SMK Negeri I Batam. Setidaknya 25 siswa terlihat hilir mudik masuk ke kamar mandi (toilet). Bahkan tiga hingga lima siswa sempat terlihat berada dalam satu kamar mandi secara bersaman. Mereka terlihat bergantian melihat selembar kertas putih.

“Cepat-cepat waktunya nanti habis, mana jawabannya,” ujar seorang siswa dengan suara lirih meminta kawannya untuk memberikan jawaban ujian.

Dalam lima menit sekali, siswa bergantian masuk kamar mandi. Dengan santainya mereka berjalan diikuti teman lainnya yang ada di belakang. “Kamu duluan yang masuk ke dalam kelas,” ujarnya.

Mereka tetap bersikap tenang setelah keluar dari kamar mandi. Tidak hanya itu saja ada juga cara lain untuk mendapatkan lembar jawaban dari teman lain. Misalkan saja siswa yang sudah selesai mengerjakan langsung menyalinnya ke secarik kertas kecil, setelah itu mereka akan pergi kebelakang (kamar kecil) lalu menyelipkannya ke tempat yang sudah ditentukan seperti pintu, jendela, maupun lubang-lubang supaya teman lainnya bisa menggunakan jawaban itu.

Tidak hanya siswa yang melakukan ini, siswi pun tidak kalah kreatitif dan melakukan yang hal sama. Sejumlah siswi yang izin ke belakang, lebih dahulu masuk ke ruang koperasi serta ruang OSIS sebelum masuk ke toilet.

Aksi siswa ini terus berlangsung seakan tidak terganggu ketika Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika sidak ke ruang kelas mereka. Di SMK Negeri I, Ria Saptarika masuk ke kelas dan melihat bagaimana siswa konsentrasi mengerjakan ujiannya.

Wawako mengaku setelah mendapat jawaban siswa kalau ujian pertama ini semuanya berjalan lancar, tidak ada hambatan yang menghalangi selama proses ujian.”Kita lihat sendiri semuanya tertib, lancar hanya satu lembar soal saja yang dianggap rusak, satu lembar jawaban selain itu tidak ada,” ujar Ria.

Prof Dr Edy Tri Baskoro dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menjelaskan masih ada lembar jawaban maupun soal yang tidak layak untuk digunakan, namun itu sudah diatasi dengan diganti dengan lembar cadangan, soalanya itu sangat mengganggu siswa,” Tidak ada masalah yang penting siswa tetap ikut ujian,” ujar Baskoro.

Zunizar Djabar, Kepala Sekolah SMKN 1 mengatakan ingin seluruh siswa SMKN lulus semuanya seperti tahun lalu. “Persiapan sudah dilakukan melalui pemantapan UN, bahkan pihak sekolah sudah melakukan doa bersama, semua tertib, lancar tidak ada hambatan,” ujar Jonizar.(ucu)

2 thoughts on “Ramai-ramai Masuk Toilet

  1. Wah kalau benar tentang berita kebocoran Soal UAN, saya ikut prihatin, bagaimana jadinya kualitas pendidikan di negara kita khususunya di Kota Batam. Jujur saja sy orangnya agak idealis, atau mungkin masih ada sebagian siswa-siswi yg benar-benar berjuang menghadapi ujian tanpa mencontek atau menunggu kunci jawaban dr soal UAN yg bocor, mendengar kebocoran soal UAN , mereka menjadi kecewa bahkan mungkin geram. Tetapi kalau mereka senang dengan adanya kebocoran soal ini, tentu beginilah wajah pendidikan kita. Menurut sy ada asap pasti ada apinya, atau mungkin sikap dari beberapa oknum yg sengaja membocori soal UAN, karena ada kekawatiran dari sebagian pihak atas takutnya ketidak lulusan Batm-Kepri sekian persen. Wah makin kotor saja permainan dunia, bukan hanya permainan uang bahkan dunia pendidikan juga dimain-mainkan. Kalo begini terus kapan majunya bangsa ini. Terimakasih.

    • Kalau ada asap pasti ada api, memang begitu adanya. sebagai penerus bangsa mungkin kita lah yang tahu penyebabnya, mengandalkan pemerintah, mungkin masih jauh dari harapan. Ayo dari sekarang kita tanam kan sikap jujur kita sebagai generasi penerus bangsa, ayo bangkitkan panji panji perjuangan jauh kan korupsi dan sejenisnya. Bangkit negaraku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s