Boleh Kritik, tapi Jangan Menjatuhkan

Thursday, 24 April 2008
BATAM (BP) – Wakil Wali Kota Batam, Ir Ria Saptarika mengaku tidak alergi dikritik mengenai pelaksanaan KTP SIAK di Batam, yang ia harapkan adalah agar kritik itu tidak memojokkan bahkan menjatuhkan rencana pelaksanaan KTP SIAK.Menurut Ria, ke depan KTP SIAK sangat bermanfaat untuk pendataan penduduk. “Sekarang saja yang tercatat dengan KTP SIAK telah mencapai delapan ratus ribu penduduk,” ujarnya ditemui di Nagoya, kemarin.
Dari sini saja bisa diprediksikan jumlah penduduk Batam telah bertambah secara tajam. “Silakan saja mengkritik tentang alat yang kurang, jaringan yang masih buruk atau sebagainya, tapi jangan ada yang mendorong untuk menggagalkan,” tegasnya.
Ia mensinyalir pihak yang ingin kembali ke KTP lama karena merasa terganggu secara ekonomi dengan pelaksanaan KTP SIAK. Siapa yang merasa terganggu? Ria enggan menyebutnya.
KTP SIAK beberapa bulan belakangan ini menjadi buah bibir karena untuk mengurusnya membutuhkan tempo yang lama. Kini KTP SIAK semakin ramai dibincangkan terkait mendekatnya pelaksanaan Pemilu pada 2009 mendatang.
Ria sendiri mengatakan pelaksaan SIAK di Batam adalah yang paling dasar. “Ada beberapa tahap pelaksanaan SIAK yang bisa dilakukan tergantung kesiapan masing-masing daerah,” ujarnya.
Di Surabaya setiap penduduk yang mengurus KTP wajib direkam sidik jarinya sehingga tidak bisa lagi membikin KTP dobel. “Nah, itu jenis SIAK yang lebih atas,” ucapnya mengomentari pelaksanaan SIAK di kota pahlawan itu.
Ia membayangkan andai semua penduduk Indonesia telah melakukan perekaman sidik jari, kelak Pemilu tidak lagi perlu memakai kertas dan tinta. Pemilih cukup datang ke tempat khusus lalu merekamkam sidik jarinya dan memilih. Ria sendiri optimis KTP SIAK bisa dilakukan di Batam. (ptt)

6 thoughts on “Boleh Kritik, tapi Jangan Menjatuhkan

  1. saya setuju dengan ktp siak ini, cuma masalahnya masih banyak terutama apakah pemerintah mampu memaintenance data dan software seperti ini krn dibutuhkan dana dan pembiayaan yg cukup besar utk perawatan ini, apalagi pembiayaannya murni dari pemerintah tanpa ada sponsor (beda jika dengan yahoo, hotmail etc yg sponsornya jelas dari iklan). dan yg tak kalah pentingnya adalah sdmnya sendiri. krn kita tahu utk hal seperti ini harus punya sdm yg benar benar mengerti tentang teknologi informasi. jangan sampai ketinggalan dan kalah bersaing dalam memanage teknologi ini. demikian saran saya pak ria, semoga berkenan

    johannes sidabutar
    ——–
    Hi Pak Johannes, apa kabar?
    Lama juga rasanya anda ngak comment di Blog ini, btw sy senang comment nya bagus dan mengena, berikut ini adalah respon sy terhap hal tsb:
    Pak Johannes, sebenarnya salah satu tujuannya adalah bagaimana memanfaatkan infastrukur Pemko yang ada selama ini yg tidak di manfaatkan… artinya justru sebenarnya pemberdayaan… walaupun disana sini masih ada hal-hal yang perlu di tambahkan, seperti meningkatkan wireless link Radio dari 2.4 GHZ ke 5.8 GHz.
    Masalah pembiayaan tambahan khusus untuk penerapan SIAK ini tidaklah terlalu besar, karena sesungguhnya sebagian biaya lainnya sudah dikeluarkan setiap tahunnya tanpa dan adanya SIAK, sedangkan sponsor? sy setuju cuma tentunya tahap awal kita harus well establish dulu… tunggu lanjutnya…sedang diruang tunggu bandara.

    enahi

  2. Pak Ria
    Sebenernya apa sich masalah yang menjadikan SIAK begitu lambat dan menjadi bahan umpatan masyarakat.

    Sempet denger dari kawan sich (semoga salah aja)
    KTP Siak di batam katanya masih belom online, masih maen pindah CD antar kecamatan🙂
    Tapi kalau bener ya mohon maaf, bisa dibilang Pemko Batam berbohong, KTP SIAK adalah online.

    Pak Ria,
    Sebenernya kalau dianalisa secara mendalam, masih banyak alternatif solusi yang digunakan.
    Misalkan saja untuk masalah jaringan/koneksi data. Banyak implementasi di beberapa perusahaan gedhe dg sistem semi online. Ini metode yang mengefektifkan jaringan dan juga menghemat duit.
    Astra, tempat saya bekerja dulu memiliki sistem seperti SIAK, dan datanya lebih banyak daripada SIAK yang hanya data penduduk dan KK saja.

    Tetapi memang beda, cara berfikir karyawan perusahaan swasta jika dibandingkan dengan buruh pemerintahan.
    Swasta : apa yang bisa saya bantu ?
    Pemda : enak aja bantu2 orang, mau cepet ya bayar !!
    Hahaha

    Semangat Pak Ria,
    Ayo kerahkan segala kemampuan kita bangun Kota Batam
    ——
    Hi Pak Younan, Terimakasih atas tak bosan-bosan nya memberikan masukan tentang SIAK.
    Syukurnya sampai saat ini saya masih semangat untuk terus berbuat dan memperbaiki kondisi yang ada, walaupun perbaikannya masih belum significant, tapi yang namanya suatu proses tentu kita harus terus menerus dan pantang menyerah…
    Masalah memang banyak, sudah sering sy sampaikan di forum ini, btw: Hardware, Software & Human… masih silih berganti sebagai sumber masalah.
    Tentang Online kita sesungguhnya fully online untuk 8 Kecamatan, walaupun beberapa waktu yang lalu sempat bermasalah.

    BTW: Kami terus memperbaiki kondisi, Insya Allah makin hari makin baik.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. sy setuju SIAK terus di berlakukan. dan terima kasih pak ria dah berhasil dg program ktp gratisnya. tetap smangat pak…hidup batam
    ——–
    Hi Mas Angga, terimakasih atas comment dan dulungannya.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. Selamat Siang pak Ria,….
    Saya orang baru di Batam pak, saat ini baru nunggu KTP saya jadi. Sudah 1,5 minggu jadi kurang 1,5 minggu lagi.
    Oh hya pak saya bersyukur bisa menemukan blog ini sehingga saya jadi lebih mengenal Batam terutama pak Ria yang Wawako Batam, yang dengan blog ini jembatan komunikasi bisa terjalin dengan cukup effektif. Sebenarnya saya tergabung dengan millis marchelia pimpinan pak Fariz cuma belum terlalu aktif karena masih penyesuaian hidup di Batam dan kalau tidak salah pak Ria juga bergabung didalamnya.
    Semoga dengan jalinan komunikasi lewat teknologi informasi ini program Batam Digital Island sukses, dan sebagai warga kami hanya bisa mendukung.
    Makasih pak Ria, salam sukses.
    ————–
    Has Mas Ari, Senang sekali berkomunikasi dengan warga kota yg baik seperti anda, apa yg disampaikan di atas sy akui kok🙂

    Mas Ari, KTP anda sdh di cetak tuh ini datanya: ARI HARTANA NIK:2171101X1X6X9X0X Lahir:KXAXEX,1x-1x-196x Cetak KTP:04-11-2008, sy kira tdk akan berapa lama lagi anda akan dapat mengambilnya.

    Bantulah selalu kami dalam rangka memajukan Kota yg kita sama-sama cintai ini.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  5. Pak Saya boy anak Smk hang tuah. Saya bukan mao kritik tapi saya boleh minta tolong g . Kalo jalan atau komplek nurul jadid di aspal di sana udah kelewat batas , apalagi kalo ujan . wuuuuuuuu sepanjang jalan becek jalan licin. Pak Ria Saptarika yang terhormat tolong sekali pak jalan di bengkong permai komplek nurul jadid di aspal , pak

    Trima kasih

  6. saya sangat sejutu pak dengan metode pembuatan KTP SIAK secara ON LINE, karena emang cangih bgt…
    masak (batam gitu loch) buat KTP masih dengan manual dengan pake mesin tik
    khan dah gak jaman nya lagi (apa kata dunia)

    kalo pun ada yang gak setuju dengan KTP SIAK tuch orang emang katrok,ndeso,kampungan (trus apa lagi pak),gak ngerti dengan teknologi,jadi gak usah di tanggapin pak.

    kalo mengintip dengan surabaya, KTP nya dengan sidik jari (finger print) lalu di terapin juga di batam saya malah sangat setuju sekali pak..

    kalo di perhatikan absensi untuk pegawai pemko (batam), seperti nya masih manual ya pak..
    gimana kalo Finger Print di mulai untuk sistem absensi nya pak,
    khan bisa ketahuan tuch pak pegawai ato bapak yang datangnya telat.. hehehehe…

    kalo biasanya ada pegawai suka titip absen, kalo di berlakukan absensi dengan Finger Print khan gak mungkin mereka titip jempolnya.. wkwkwkwkwk

    Ok lah pak segitu dulu,mohon maaf kalo ada salah kata
    tetap semangat pak!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s