Ini Teror untuk Gagalkan UN

Kamis, 24 April 2008Ini Teror untuk Gagalkan UNKETUA Komisi IV DPRD Batam, Muhammad Nardi mengatakan adanya soal bocor yang dilakukan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab mencoreng nama baik daerah. Ujian ini pertaruhan nama baik daerah menyelenggarakan ujian. Ternyata ada soal bocor sebelum ujian ini merupakan teror supaya nama baik Batam jadi jelek di tingkat nasional.

Apapun alasannya ini suatu peristiwa yang tidak diharapkan. “Saya minta kepada polisi segera mengusutnya. Kita melihat lemahnya pengawasan, makanya soal ini bocor dibuat oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya, Rabu (23/4).

Nardi menyebut kebocoran ini bisa karena beberapa hal, yaitu bisa masalah persaingin bisnis, masalah karir, atau motif politik. “Saya melihat tiga-tiganya bisa yakni masalah bisnis, masalah karir juga motif politik. Kita tahu ketika tahap penenderan dulu sempat terjadi ribut-ribut. Selain itu posisi Kepala Dinas Arifin Nasir yang masih baru, bisa jadi ada yang merasa terusik. Semuanya ini bisa mungkin,” kata Nardi.

Ia menyebut sebagai teror untuk menggagalkan ujian nasional, karena soal yang bocor ini hanya terjadi di Batam, sedangkan di kabupaten/kota di Kepri tidak ditemukan soal bocor.

“Saya katakan juga, bentuk teror karena yang melapor tidak jelas. Mestinya pelapor kalau memang melihat ada kebocoran soal mestinya melapor ke Dinas Pendidikan atau ke Komisi IV DPRD Batam bukan malah ke media. Saya melihat ada kesengajaan dari pelapor agar ini semakin heboh,” ungkapnya seraya menyebut bisa saja yang melapor itu karena faktor karirnya terzalimi.

Jangan ulang
Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika menyebutkan, tidak perlu ujian ulangan sekarang. “Kita minta semua jawaban itu sebelum di kirim ke pusat di-scan dulu, lalu dilihat apakah ada nilai siswa yang menonjol atau tidak. Jika tidak ada yang menonjol tentu ujian nasional ini tidak perlu diulang lagi,” terangnya.

Ria menyebut bisa saja kebocoran ini dimanfaatkan satu sampai dua siswa tapi belum beredar ke siswa-siswa lain. “Saya tanya sekolah yang saya kunjungi tidak ada ditemukan bentuk soal yang bocor,” tutur Ria.

Hal yang sama dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Batam, Muslim Bidin, sudah empat sekolah dipantaunya dihari kedua pelaksanaan ujian nasional, siswa tidak ada yang mendapat soal itu.
“Saya rasa tidak perlu ujian ulangan walau soal ini beredar sebelum ujian. Belum tentu siswa dapat soal yang bocor ini,” papar Muslim.(hat/ucu)

One thought on “Ini Teror untuk Gagalkan UN

  1. Teror bocoran soal UASBN ini,terjadi di Batam kan???
    Apakah teror macam ini,berlaku di setiap kota???
    ———
    Ngak lah itu pun ngak terbukti kok!
    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s