Pejabat Kelurahan di Kota Batam Diajarkan Cara Membuat Profil Wilayah

pelatihan-profil.jpg

BATAM– Wakil Wali Kota Batam, Ir Ria Saptarika meresmikan pembukaan kegiatan pelatihan pembuatan profil kelurahan 2008. Pembuatan profil ini bertujuan untuk memperbaiki saluran informasi di kelurahan yang sebenarnya dibutuhkan oleh orang banyak.

Lihat Video

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas PMK – UKM di Hotel Nagoya Plaza di Bantimurung Ballroom Lt. III (tiga), Kamis (24/4/2008) tersebut para pesertanya di ikuti oleh para pejabat esselon IV yang bertugas di 64 Kelurahan di Kota Batam termasuk para Sekretaris, Kepala Seksi dan Staff.

Kegiatan pelatihan pembuatan profil kelurahan 2008 ini menghadirkan sejumlah narasumber dari Jakarta seperti Drs Imron, MSi, MA (Ditjen Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Departemen Dalam Negeri, serta Drs. Florianus Aser, Msi sebagai Staf Ahli. Disamping itu juga hadir Kepala BPS Kota Batam.

Kepala Dinas PMK/UKM Kota Batam, Febrialin, SE mengatakan, tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada peserta pelatihan di setiap kelurahan, arti penting sebuah profil wilayah kelurahan di era otonomi.

Disamping memberikan pemahaman filosofis, narasumber yang di undang, lanjutnya juga akan mempraktekkan secara langsung bagaimana menggali dan mengemas potensi daerah menjadi sebuah bahan bacaan yang bersifat informatif, dan menjadi bahan referensi bagi pengambil kebijakan.

Setelah pelatihan ini digelar, Dinas PMK dan UKM akan mengasistensi setiap kelurahan untuk membuat profil wilayahnya masing-masing. Dan sesuai target, 2 bulan kedepan setiap kelurahan sudah memiliki profil daerah masing-masing. Baik itu dalam bentuk buku atau media lainnya seperti jaringan intranet yang nantinya akan dikoneksikan dengan jaringan internet Pemko Batam.

Selama masa asistensi, materi profil yang disusun setiap kelurahan, seperti ujian tesis akan di kupas dan dikritik metoda pembuatannya. Tujuannya, supaya output yang dihasilkan sesuai dengan standar yang diharapkan, demikian Febrialin. (*)

Foto Lain

profil-pelatihan.jpgprofil.jpgpeserta-pelatihan-pembuatan.jpg

One thought on “Pejabat Kelurahan di Kota Batam Diajarkan Cara Membuat Profil Wilayah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s