Pemko Batam Peringati 12 Tahun Penyelenggaraan Otonomi Daerah

img_7448.jpg

BATAM – Pemerintah Kota Batam Senin, (25/4/2008) memperingati 12 tahun penyelenggaraan otonomi daerah di Indonesia. Dibawah payung hukum UU No.32 tahun 2004, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan sebagaimana amanat yang dibacakan Wakil Wali Kota, Ir Ria Saptarika meminta semua aparatur daerah untuk tidak bekerja melenceng dari visi pembangunan Kota Batam.

“Dengan semangat Otonomi daerah, perkuat persatuan, kebersamaan dan etos kerja. Tanam rasa solidaritas dan beri masyarakat pelayanan yang prima ” sebut Wakil Wali Kota Batam. Wakil Wali Kota Batam dalam upacara tersebut juga mengatakan bahwa sebenarnya pelaksanaan otonomi daerah, bukanlah merupakan suatu hal yang baru.

Sejak awal kemerdekaan NKRI sampai sekarang, telah terdapat beberapa peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang kebijakan otonomi daerah, misalnya didalam UU No.22/1948 yang memberikan hak otonomi MEDE BEWIND yang seluas-luasnya kepada daerah, atau UU No 1 Tahun 1957 yang menganut sistem otonomi ril yang seluas-luasnya. Selanjutnya didalam UU Nomor 5 tahun 1974, prinsip otonomi daerah yang kita anut lebih mengedepankan prinsi Otda yang nyata dan bertanggungjawab.

“Bedanya dengan 2 undang-undang otonomi yang lahir kemudian, yaitu UU 22 tahun 1999 dan atau dengan UU No 32 2004, prinsip otonomi yang dijalankan semua pemda lebih bersifat nyata dan bertanggungjawab,” sebut Ria.

img_7428.jpgWakil Wali Kota Batam, Ir Ria Saptarika pada kesempatan itu juga mengingatkan bahwa tujuan utama pemberian status otonomi kepada daerah, muaranya adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu, semua urusan pemerintahan yang dikerjakan, harus dilakukan dengan penuh tanggungjawab.

“Kunci suksesnya ada pada tiga sikap. Pertama sikap Proaktif, kedua Antisipatif dan yang ketiga responsif atas perkembangan sosial. Jika tiga hal ini sudah dijalan dengan benar dan sesuai wewenang, saya optimis, indikator keberhasilan pelaksanaan otonomi itu mudah dirasakan masyarakat. Begitu juga dengan sikap mental dan pola prilaku kita. Implementasinya harus benar-benar berorientasi pada kesejahteraan rakyat,” demikian Wakil Wali Kota Batam.

Peringatan 12 tahun penyelenggaraan Otda di tingkat Kota Batam dilaksanakan oleh Pemko Batam dalam bentuk upacara pengibaran bendera merah putih. Hadir mengikuti upacara tersebut Sekretaris Daerah Kota Batam, Agussahiman, Sekretaris DPRD Kota Batam, Pimpinan dan Anggota DPRD Batam, Unsur Muspida, serta semua pimpinan Satuan kerja perangkat daerah di Kota Batam, dan para pegawai negeri sipil serta pegawai honor daerah pada semua satuan unit kerja Pemko Batam. (*)

Foto Lain

img_7445.jpgimg_7413.jpg

One thought on “Pemko Batam Peringati 12 Tahun Penyelenggaraan Otonomi Daerah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s