11.437 Berkas KTP SIAK Menumpuk

Wednesday, 30 April 2008
BATAM (BP) – Menumpuknya ribuan berkas permohonan KTP berbasis sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) di kecamatan-kecamatan, membuat Pemko Batam melakukan langkah darurat.Berkas di kecamatan akan ditarik ke Kantor Wali Kota Batam.

Di sana, akan ada ruang khusus sebagai tempat entry data dan mencetak KTP SIAK.
“Langkah ini kami ambil untuk merespon keluhan masyarakat dan mempercepat pembuatan KTP SIAK,” kata Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika, Selasa (29/4) kemarin.
Sore kemarin, Ria mengumpulkan seluruh Camat, Kadis Kependudukan dan Capil, Kepala BKD, Kepala Badan Kominfo, Kabag Tata Pemerintahan, Kabag Aset dan Perlengkapan Pemko Batam. Mereka dikumpulkan untuk membahas persoalan lambannya pembuatan KTP SIAK.
Salah satu solusi yang diambil, kata Ria Saptarika, mulai awal Mei ini akan menarik 11.437 berkas permohonan KTP SIAK di 12 kecamatan yang ada di Batam ke Kantor Wali Kota. Selanjutnya, pemasukan atau entry data akan dilakukan di sana, termasuk mencetak KTP dan KK.
Untuk keperluan itu, Pemko Batam akan menyiapkan sekitar 20-an komputer dan operator. Komputer-komputer itu akan diambilkan dari sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah di Pemko Batam, termasuk operator-operatornya. Pelatihan singkat juga akan diberikan kepada para operator itu.
“Dua hari ke depan, kami akan men-set up satu ruangan khusus untuk keperluan entry data KTP itu. Staf dan komputer akan kita pinjam dari SKPD-SKPD,” ujarnya.
Untuk menghindari tertukarnya berkas antar kecamatan, proses entry data akan dilakukan bergilir. Dimulai dari kecamatan yang tumpukan berkasnya paling banyak, seperti Kecamatan Sekupang yang mencapai 1.900 berkas.
“Kalau berkas Kecamatan Sekupang selesai dimasukkan dan KTP-nya dicetak, kami kembalikan lagi ke Sekupang. Setelah itu, menyusul berkas dari kecamatan lainnya,” tukas Ria.
Setelah Sekupang, kecamatan yang berkasnya paling banyak menumpuk Kecamatan Sagulung dengan 1.600 berkas. Lalu Batam Kota dengan 1.300 berkas dan Lubukbaja 1.200 berkas. Delapan kecamatan lain, jumlah pemohon yang menumpuk di bawah 1.000-an berkas.
Dengan kalkulasi satu operator bisa menyelesaikan 30 berkas sehari, maka dalam satu hari KTP yang akan selesai mencapai 600 KTP. Sehingga, 11.437 berkas itu akan selesai dalam waktu 20 hari kerja atau kira-kira satu bulan.
Alasan lain penarikan berkas di kecamatan ke Kantor Wali Kota, kata Ria, adalah kondisi listrik di Batam yang akhir-akhir ini ada pemadaman bergilir. “Kadang di kecamatan listrik hidup, di Disduk-nya mati, begitu juga sebaliknya. Sehingga, langkah ini kami ambil dan sudah disepakati oleh camat-camat dan Kadisduk,” tuturnya.
Meski ditarik ke Kantor Wali Kota, kata Ria, masyarakat yang memohon pembuatan KTP tetap berurusan di kecamatan-kecamatan. “Kalau sudah normal, pembuatan KTP akan dilakukan seperti dulu lagi, di kecamatan-kecamatan,” tukasnya.
Permasalahan lain dalam pembuatan KTP SIAK ini, kata Ria, tidak samanya standar pelayanan antara kecamatan dan Disduk.

Ada pemohon yang sudah diterima di kecamatan, tapi ditolak di Disduk karena dianggap tak memenuhi syarat. Kondisi ini membuat masyarakat pemohon KTP SIAK merasa dipimpong, karena harus bolak-balik kecamatan-Disduk untuk memenuhi persyaratan.
“Kalau sudah ada standar pelayanan minimum (SPM), maka kalau berkas sudah diterima kecamatan, maka pasti akan diterima di Disduk. Ini akan kita buat dalam waktu dekat ini, sebagai solusi permasalahan yang seperti itu,” katanya. (med)

Advertisements

5 thoughts on “11.437 Berkas KTP SIAK Menumpuk

  1. Ass. Wl. Wr,

    Selamat sore Pak Ria. Mudah-mudahan dengan langkah awal ini mempermudah kita dalam mengurus KTP. Jangan sampai ada rakyat yang masih ‘dipimpong’. Capek dan Bete.
    BTW. Saya sudah punya surat pindah dari Disduk Kota Asal. Kalau ada yang bisa share, dokumen apa saja yang dibawa ke Disduk Batam ? Dan berapa besar biaya yang akan kita berikan ?
    Pak Ria, tolong kasih telepon on-line dikantor Disduk. Jadi kita bisa tau hari ini ada petugas apa tidak. Biasanya petugas ini banyak urusan. Inilah… Itulah… Nanti kita disuruh datang 3 hari lagi. Padahal izin tidak bekerja dari Pabrik kan tidak mudah. Terima Kasih sebelumnya. Wassalam.

  2. Assalamualikum Wr. Wb,

    Hebat pak,……>>!!!!! kali ini “02Thumbs Up” lagi ya pak. langkah ini sangat progresif sekali, memang kayaknya harus lebih “Down to earth” , biar permasalahan ini jangan berlarut-larut. manfaat jangka panjang dengan adanya KTP- SIAK ini akan cepat dirasakan oleh masyarakat.
    Kalau perlu, bila operatornya belum juga cekatan jangan boleh pulang dulu, karena nanti boleh terbalik, yang jadi operator komputernya malahan.
    Sosialisasi serta screening data dari petugas sebaiknya diberikan disaat sebelum data pemohon dimasukkan, supaya masyarakat tahu bahwa persayaratannya sudah terpenuhi atau belum.
    Saya yakin, program ini sangat-sangat bermanfaat, satu orang satu identitas. Satu orang satu suara (kalau Pemilu sih).

    Maju terus Pak Ria, saya yakin target akan tercapai bila kendala ini cepat terselesaikan, karena masih banyak lagi yang harus diperbuat untuk masyarakat kita ini.

    Endless support

    Fastabiqul Khairat

    Wassalamualaikum.

    IRAZ

  3. Yth. Mbak Linda di Tempat.

    Untuk pindah datang penduduk dalam wilayah negara kesatuann Republik Indonesia, memang disyaratkan melaporkan kepada instansi pelaksana dai daerah asal (Dinas/Badan/Kantor Catatan Sipil daerah asal) yang kemudian menerbitkan SURAT KETERANGAN PINDAH.

    Sesampai di daerah tujuan (Batam) hal yang pertama yang dilakukan adalah melaporkan kepada RT dan RW setempat dimana Sdri bertempat tinggal saat ini.

    Berdasarkan SURAT KETERANGAN PINDAH (dari daerah asal) dan SURAT KETERANGAN RT/RW (tempat tinggal di Batam) melapor kepada DINAS CATATAN SIPIL DAN KEPENDUDUKAN KOTA BATAM yang beralamat di Jl. Ir. Sutami Sekupang untuk mendapatkan SURAT KETERANGAN PINDAH DATANG sebagai salah satu persyaratan diterbitkannya KTP dan KK Batam.

    Langkah selanjutnya datang ke Kantor Lurah dimana bertempat tinggal dengan membawa SURAT KETERANGAN PINDAH DATANG (dari Disduk Kota Batam), Surat Keterangan RT/RW, Photocopy Ijazah dan/atau Akte Lahir, Pas Photo 3×4 2 Lembar (untuk arsip di Kantor Lurah), Copy Surat Nikah (bagi yang telah menikah), Copy Passport (bagi yang punya Passport) untuk mengisi formulir permohonan mendapatkan KTP dan KK Siak.

    Dokumen tersebut dibawa sendiri ke Kantor Camat dan berphoto langsung di Kantor Camat.
    Biaya : 1. Untuk KTP baru (Pembuatan KTP Batam pertama kali) Rp. 10.000,- 2. Untuk KK Rp. 5.000,- 3. Untuk PERPANJANGAN KTP BATAM GRATIS.

    Demikian disampaikan, bila ada yang kurang jelas dapat menghubungi saya di Nomor Telp. 08117001777 atau 07787042009 email : joe_iip33@yahoo.com

    Terima Kasih

    Drs. Zul Arif

  4. Keputusan yang sangat tepat pak Ria. Tadi saya baca ada anggota DPRD yang mengatakan, jangan sampai keputusan yang diambil itu karena panik. Menurut saya, itu bukanlah keputusan yang panik, tapi keputusan yang sangat-sangat tepat.

    Bahkan kedepan menurut saya, pengurusan KTP tidak perlu lagi dikecamatan, tapi disatukan saja di gedung pelayanan satu atap. Kalau datanya sudah masuk di database, dan data yang masuk itu sudah diverifikasi, mengapa mesti harus lewat kecamatan. Dari RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Disduk, birokrasinya puaanjang banget. Untuk apa mesti ke kelurahan, lha wong pak Lurah saja pasti tidak tahu kalau kita penduduknya. Kalau penduduk baru, saya setuju, harus ke RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan dan harus benar2 diverifikasi.

    Kita bayangkan, untuk mengambil uang di Bank saja, kita bisa mengambil di mana saja, karena data kita sudah ada diservernya Bank. Bank tidak perlu nanya lagi surat RT-RW, kelurahan mana? Waktu saya ngurus KTP, tukang ojek saja tidak tahu, dimana kantor kecamatan saking seringnya pindah. Belum lagi di kelurahan, petugasnya lagi ke kecamatan, suruh balik dua jam lagi. Setelah dua jam, pak Lurahnya gantian tidak ada, suruh balik besok. Besoknya datang, blanko KK habis … capek deh. Mudah2an pak Ria tidak marah baca komentar saya ini. Bravo untuk pak Ria.

  5. LAKSANAKAN ………Jangan cuma Omong besar PAK……….
    Kalau tak mampu, saya siap mengirimkan TIM suka relawan
    Sepuluh orang Yang Fakard di bidang Computer.
    ——–
    Wah itu cerita lama bung!
    Sekarang di Batam sudah canggih!
    KTP saja bisa dilihat via Internet & SMS ketik Reg Batam kirim ke 9168

    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s