Batam Bisa Bangun PLTN

Jumat, 02 Mei 2008
Atasi Kesulitan PLN BatamBATAM -Wakil Walikota Batam Ria Saptarika mengemukakan Batam memiliki potensi untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Hal ini diakui oleh para ilmuwan di bidangnya, yang sudah melakukan konumikasi dengan dirinya. Dianggap tepat dan memiliki potensi sebut Ria, dikarenakan Kota Batam terdiri dari pulau-pulau. Keberadaan pulau-pulau yang ada juga tidak dihuni oleh penduduk. Sehingga memiliki lokasi tepat untuk membangun pembangkit energi nuklir.

“Saya sudah mempertanyakan hal itu kepada para ilmuwan, bahwa ternyata Batam, ini berpotensi terhadap pembangunan reaktor nuklir itu. Karena pulau-pulau yang jauh dari pemukiman penduduk, sehingga tentunya tidak akan membahayakan keselamatan,” ujarnya di Kantor Walikota Batam, Kamis (1/5).

Untuk itu ke depannya, Ria menyebutkan bahwa rencana untuk melakukan study kelayakan terhadap potensi Batam membangun reaktor nuklir tersebut sudah mulai harus dipikirkan. Karena tidak hanya akan memenuhi kebutuhan listrik bagi masayrakat Kota Batam saja, tetapi diperkirakan akan mamp mengekspor ke negara Singapura.

Soal para ahli yang akan melaksanakan pembangunanya, Ria menyebutkan, banyak sekali ada di negara ini. Diantaranya adalah ‘anak-anak buah’ Habibie, yang memang diakui kehebatan dan kejeniusannya. Hanya saja bagaimana daerah mampu memanfaatkan semaksimal mungkin.

“Untuk tenaga teknisnya, banyak di Indonesia ini. Banyak para ahlinya yang mampu membangun reaktor nuklir ini. Sehingga jika memang potensi yang dimiliki Batam ini mampu kita manfaatkan, saya rasa tidak akan lagi ada persoalan yang berkaitan dengan listrik ke depannya,” kata Ria.

Selesaikan Sendiri
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Batam meminta agar PT PLN Batam dapat bersikap profesional di dalam melakukan penyelesaian masalah intern yang dihadapi saat ini bersama PT PGN. Bukan berarti Pemko Batam lepas tangan, hanya saja ingin melihat solusi yang dilakukan PT PLN terlebih dahulu.

Pemko Batam sendiri kata Ria, berencana akan memanggil PT PGN untuk melakukan pertemuan, terkait kebijakan yang diambil hingga menyebabkan terjadinya pemadaman bergilir setiap tiga jam sekali. Namun hal itu masih menunggu rapat internal dari Pemko Batam dulu.

“Kita berharap suplay listrik ke masyarakat akan tetap jalan tanpa harus ada pemadaman seperti saat ini. Apalagi PLN sudah berjanji akan mendatangkan 20 unit genset. Dengan bantuan itu kita tentunya berharap tidak ada lagi pemadam yang terjadi. Dalam waktu seminggu 20 unit genset tersebut sudah didatangkan,” kata Ria. (sm)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s