Belum Jamin KTP Cepat Rampung

Jumat, 02-05-2008
BATAM, TRIBUN – Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika membuka pelatihan 30 operator data kependudukan di Pemko Batam, Kamis (1/5). Namun Ria Saptarika belum berani memastikan lama pengurusan KTP.

Namun ia berjanji akan segera membuat standar pelayanan minimum (SPM). Hanya saja ia juga belum memastikan kapan akan menerbitkan SPM.

Lamanya proses pengurusan KTP saat ini menjadi keluhan warga. Paling tidak diperlukan waktu beberapa bulan untuk pembuatan KTP Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK).

Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPRD Batam Irwansyah mengungkapkan, Pemko Batam dan DPRD Batam telah sepakat untuk pelayanan minimum pembuatan KTP selama 14 hari.”Sesuai kesepakatan memang SPM-nya 14 hari. Itu sudah ada SK wali kota,” ujarnya.

Irwansyah juga meminta agar SK tersebut ditempelkan di setiap kecamatan. Sehingga warga tahu pengurusan KTP hanya memerlukan waktu 14 hari paling lama.

Selama tiga hari, operator tersebut akan mendapatkan pelatihan. Sehingga diharapkan Senin depan, sudah bisa menyelesaikan menumpuknya berkas pengajuan KTP SIAK.

“Kalau sudah disetujui camat, jangan lagi pegawai di Dinas Kependudukan menolak dengan alasan ini dan itu. Kita ingin semua berkas kalau sudah disetujui para camat berarti berkas itu sudah memenuhi syarat dan layak untuk diproses, tak perlu lagi ditolak,” tegas Ria.

Saat ini terdapay 11.437 berkas pengajuan KTP menumpuk di 12 kecamatan. Berkas yang paling banyak menumpuk berada di Kecamatan Sekupang mencapai 1900 berkas, disusul Kecamatan Sagulung sebanyak 1.600 berkas, Kecamatan Batam Kota 1.300 berkas, Lubuk Baja 1.200 berkas, Batuampar sebanyak 1.000 berkas dan sisanya tersebar di kecamatan lainnya.

Menumpuknya berkas tersebut lantaran minimnya perangkat komputer yang digunakan untuk memasukkan data. Selain itu, kemampuan petugas dalam memasukkan data kependudukan juga menjadi masalah.

Hadir dalam pelatihan itu, Kepala Dinas Kependudukan Batam, Sadri Khairuddin, Kepala Badan Kominfo Muramis, Kabag Tata Pemerintahan Said Khaidar, Kabag Humas Pemko Batam Yusfa Hendri, para camat dan para operator.
Selain operator, server data kependudukan juga sudah dipindah ke kantor Kominfo. Nantinya pencetakan KTP tidak lagi di Dinas Kependudukan namun di kantor Pemko Batam. Hanya saja pengajuan berkas masih berada di kecamatan.

Ria menjanjikan dalam satu hari bisa mengentri data sebanyak 600 berkas dengan perkiraan satu operator bisa mengentri data sebanyak 30 berkas dalam satu hari. Jumlah permohonan KTP yang mumpuk sebanyak 11.437 berkas dari seluruh Kecamatan yang ada di Batam.

Evalusi
Ketua DPRD Batam Soerya Respationo menilai pelaksanaan KTP SIAK sampai April ini belum maksimal seperti harapan. Oleh karena itu, ia mengusulkan untuk dievaluasi pada rapat Muspida Batam minggu pertama Mei ini.
“Jangan sampai maksud baik KTP SIAK justru mengurangi nilai plus pelayanan masyarakat,” kata Soerya usai mengikuti peresmian Pelatda PON XVII di Asrama Haji, Kamis (1/5).

Saat ini baru terdapat 24 persen pengurusan KTP yang terselesaikan.”Mereka baru sanggup membereskan KTP SIAK ini dalam waktu 3 tahun,” kata Soerya.

Sehingga, pihaknya memberikan solusi agar KTP SIAK tetap dijalankan sambil mengusahakan kesempurnaan tapi KTP Kuning tetap jalan dulu. Agar nilai pelayanan sosial kemasyarakatan tidak terabaikan.

“Sebaiknya KTP kuning dilayani lagi agar tak menyulitkan masyarakat yang mau bekerja atau takut razia. Buktinya pelaksanaan hingga kini belum berhasil. Makanya dalam rapat itu ada evaluasi juga, dan tentukan arah selanjutnya,” paparnya.(hat/wid)
Ancaman Denda Rp 10 Juta

PEMKO Batam berencana merevisi Perda no 2 tahun 2001 tentang Kependudukan (Perdaduk). Perda tersebut dinilai sudah tidak sesuai dengan UU No 23 tahun 2006 tentang Administrasi kependudukan (Adminduk).

Dalam revisi tersebut akan mencantumkan sanksi baik pidana maupun denda. Pejabat yang mempersulit dokumen warga dikenakan denda sebesar Rp 10 juta.

Sedangkan sanksi pidana apabila memalsukan surat dan atau dokumen penjara 6 tahun plus Rp 50 juta. Tanpa hak dengan sengaja mengubah, menambah atau mengurangi isi elemen data pidana dua tahun plus denda Rp 125 juta. Bila ini dilakukan pejabat akan dikenakan pidana sesuai jenis pelanggarannya ditambah sepertiga pidananya.
“Kita akan ajukan ke dewan revisi Perda Kependudukan supaya disesuaikan dengan aturan yang lebih tinggi.

Termasuk uang jaminan akan dibahas nanti apakah masih diberlakukan tergantung wakil rakyat yang membahasnya,” papar Kepala Dinas Kependudukan Batam Sadri Khairuddin di kantor Pemko, Kamis (1/5).

Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mengatakan masih mencantumkan jaminan dalam perda baru.”Kita ingin menekan pendatang baru masuk ke Batam. Apabila uang jaminan dihapus, mereka akan berbondong-bondong masuk ke Batam sehingga menimbulkan permasalahan baru di Batam,” kata Ria. Nantinya juga akan diberlakukan KTP musiman bagi warga yang hanya tinggal sementara.(hat)

Advertisements

One thought on “Belum Jamin KTP Cepat Rampung

  1. Assalamu’alaikum wrwb,
    saya menyesalkan proses pembuatan KTP yg cukup memakan waktu terlebih bagi saya yg kebetulan bekerja diluar kota [Jakarta-red], mohon segera hal ini dibenahi…mungkin memang butuh waktu untuk proses SIAK ini tetapi setidaknya kami (sbg penduduk tidak di gantung0) hrs menunggu, yg saya sesalkan tidak diambil langkah lain, mungkin bisa dg pembuatan Kartu Pengenal Temporary yg saya yakin akan sangat membantu dalam pekerjaan maupun urusan lainnya. Sayang sosialisasi nya [SIAK] masih kurang sehingga masih byk terdapat kesimpangsiuran informasi terkait pembuatan KTP…saat itu saya malah mengetahui info lamanya pembuatan/perpanjangan KTP dari teman (sesama blogger yg bermukim di Batam)…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s