Cetak KTP di Engku Putri

Cetak KTP di Engku PutriBATAM, TRIBUN – Lambatnya pengurusan kartu tanda penduduk (KTP) Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) membuat Wakil Wali Kota Ria Saptarika gerah. Ria langsung mengumpulkan seluruh camat di ruang rapat lantai V Pemko Batam Jl Engku Putri, Selasa (29/4).Pembicaraan tersebut memutuskan akan memindahkan server komputer kependudukan dari Dinas Kependudukan (Disduk) ke Pemko Batam. Sehingga proses pencetakan KTP tidak lagi di Dinas Kependudukan Batam.

Pertemuan tersebut menyusul banyaknya keluhan lambatnya pengurusan KTP SIAK. Saat ini terdapat 11.437 berkas pengajuan yang menumpuk di kecamatan. Kendalanya yakni perangkat komputer yang belum memadai dan sumber daya manusia yang belum siap dalam memasukkan data.

Ria mengatakan, nantinya ada operator yang bertugas memasukkan data yang bekerja di Pemko Batam. Pemerintah menyiapkan 20 komputer untuk mengatasi permasalahan ini.”Kita akan latih mereka. Selesai di entri datanya masuk server saat itu juga KTP dan KK dicetak di kantor Pemko Batam.

Khusus berkas yang menumpuk akan dikerjakan di kantor pemko. Apabila sudah normal, urusnya di kecamatan tapi cetaknya di Pemko,” kata Ria usai melakukan pertemuan dengan para camat, Kadisduk, Kabag Tata Pemerintahan, Kabag Humas dan Kabag Aset dan Perlengkapan.

Sebanyak 11.437 permohonan KTP yang menumpuk tersebar di seluruh kecamatan di Batam. Rinciannya 1.900 berkas di Kecamatan Sekupang, 1.600 berkas di Kecamatan Sagulung, 1.300 berkas di Kecamatan Batam Kota, 1.200 berkas di Kecamatan Lubuk Baja dan berkas di bawah 1.000 tersebar di kecamatan lainnya.

Dengan formula itu, Ria menjanjikan dapat memasukkan 600 berkas perhari. Asumsinya seorang operator dapat memasukkan 30 berkas perhari.

Dalam pengerjaan berkas itu akan dilakukan perkecamatan. Diperkirakan dalam waktu satu bulan bisa selesai semua berkas dikerjakan. Mulai Kamis besok, akan dikumpul semua operator dan mengikuti pelatihan. Diharapkan program tersebut sudah bisa dijalankan Senin.

“Saya lihat di kantor Disduk itu kurang nyaman, udaranya panas dan banyak orang yang lalu lalang. Selain nyaman kantor Pemko menjadi titik pertengahan yang bisa dijangkau semua kecamatan,” kata Ria.

Jangan panik
Ketua Fraksi PPP DPRD Batam Irwansyah meminta, Wali Kota Batam mengambil kebijakan yang tepat mengenai permasalahan KTP. Jadi kebijakan yang diambil bukanlah kebijakan panik lantaran banyaknya sorotan.

“Saya tidak apriori. Yang jelas jangan sampai menjadi kebijakan karena panik. Harus benar-benar memperhatikan jangka panjang,” ujar Irwansyah.

Hasil reses Dewan, pengurusan KTP paling tidak memakan waktu tiga bulan. Irwansyah mengatakan, pengurusan tersebut sebenarnya bisa dipangkas menjadi 14 hari.

Penghitungan tersebut dimulai sejak berkas pengajuan dinyatakan lengkap. Jadi ia meminta agar kecamatan langsung menolak saat syarat pengajuan tidak lengkap. Sehingga tidak membuat warga menunggu.

Kebijakan baru untuk memindahkan server tersebut diharapkan telah melewati pertimbangan.”Tentunya harus dievaluasi. Jangan sampai menjadi kebijakan yang salah. Nanti diubah lagi,” ujarnya.

Penerapan KTP SIAK berdasar Keputusan Presiden no 88 tahun 2004 yang menyebut selambat-lambatnya dua tahun harus sudah dilakukan di daerah. Selain Kepres, dikuatkan juga dengan Peraturan Mendagri no 28 tahun 2005 tentang pedoman pencatatan penduduk di daerah dan ada juga PP no 27 tahun 2007 tentang Administrasi Kependudukan.(hat)

2 thoughts on “Cetak KTP di Engku Putri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s