PLN Kesulitan Sewa Genset

Jumat, 02-05-2008
BATAM, TRIBUN – Pemadaman listrik bergilir di Batam nampaknya masih berkepanjangan. PT Pelayanan Listrik Nasional (PLN) Batam mengaku kesulitan menyewa genset yang digunakan untuk menutup kekurangan pasokan listrik.

Namun Manajer Humas PT PLN Ade Sulistyanti terus mengupayakan agar pemadaman tidak berkepanjangan.”Saat ini kita masih mengupayakan menyewa mesin tenaga listrik ini. Namun karena memang permintaan akan tenaga listrik masih sangat tinggi di Indonesia, maka kami sedikit kesulitan mendapatkannya,” kata Ade ketika dihubungi, Kamis (1/5).

Saat ini PT Pelayanan Listrik Nasional (PLN) Batam hanya mampu menyediakan 170 megawatt. Padahal beban puncak mencapai 204 megawatt sehingga masih kekurangan sekitar 34 megawatt.

Akibatnya PLN memberlakukan pemadaman bergilir selama tiga jam. Kondisi ini disebabkan oleh pasokan gas ke Batam berkurang menjadi 23,5MMBTUD dari 40,7MMBTUD

Selama krisis gas, PLN tetap memaksimalkan seluruh mesin pembangkit listrik tenaga diesel. Dalam sehari PLN mengaku merugi sebesar Rp Rp 2,2 miliar.

Pihaknya juga sudah menyurati pihak PT PGN terkait dengan perbaikan sumur gas mereka. Namun, kata Ade, pihaknya masih belum menerima jawaban pasti kapan kerusakan sumur tersebut dapat kembali normal.

“Yang pasti, kami tetap pada komitmen kami menerangi Batam sebagai salah satu wujud partisipasi kami mendukung program FTZ ini. Jadi apapun akan kami usahakan untuk mengatasi krisis listrik ini,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mewacanakan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). “Saya pernah mendapat masukan dari para ahli di Batam sangat tepat dibuat reaktor nuklir untuk pembangkit listrik. Kalau ini jadi kita pun bisa mengeskpor listrik ke Singapura,” kata Ria Saptarika, di ruang kerjanya, Kamis (1/5). Upaya ini masih dalam wacana. Sebab pembangunan listrik reaktor nuklir di Jepara, Jawa Tengah, mendapat protes dari warga setempat. Tanpa penanganan menyeluruh, dikhawatirkan hal ini juga akan terjadi di Batam.(hat/eik)

6 thoughts on “PLN Kesulitan Sewa Genset

  1. LISTRIK DI BATAM MATI TERUS BOSS… GIMANA NIIIHH?? BISNIS JADI GAGAL… KALO NIAT MAU MELAYANI DENGAN BAIK??? JANGAN BERCANDA TERUS DONG PAAKKK!!!

  2. perusahaan kami menyewakan peralatan pengeboran termasuk genset ada yg tertarik sewa genset ada cat 3516 3unit posisi di bekasi kandisi siap pakai

  3. KAMI SIAP MEMBANTU UNTUK PENGADAAN SEWA DAN JUAL GENSET UNTUK BAHAN BAKAR HSD DAN GAS. UNTUK PROYEK BUMN PEMERINTAH MAUPUN SWASTA.
    SILAHKAN KIRIMKAN PROPOSAL UNTUK KAMI PELAJARI BILA MEMERLUKAN BANTUAN KAMI. SILAHKAN KRIM LEWAT EMAIL KAMI. TERIMAKASIH

  4. UNTUK MENGATASI KRISIS LISTRIK
    SEGERA HUBUNGI KAMI SEBAGAI AGEN GASGENSET ASAL INGGRIS , FGWISON powered by PERKINS
    KAMI ADA SYSTEM SEWA BELI (BOT ) CICILAN 5TAHUN

    TERIMA KASIH
    DENEN
    PT.GLOBAL POWER SOLUSI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s