Salah Input Data SIAK, Dipenjara

Friday, 02 May 2008
BATAM(BP) – BANYAKNYA ditemukan kesalahan dalam pemasukan data penduduk, menjadi salah satu penyebab lambatnya proses pembuatan KTP berbasis sistem informasi dan administrasi kependudukan (SIAK) di Batam.Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika menegaskan, setiap kesalahan yang mengakibatkan terhambatnya proses pembuatan KTP SIAK, bakal dikenai sanksi berat.

Sanksi yang dikenakan kepada petugas yang dengan sengaja mengubah atau menambah serta mengurangi isian data SIAK, bisa berupa denda Rp25 juta hingga dua tahun penjara.

“Yang sudah-sudah bisa saya maafkan. Tapi ke depan, tidak boleh ada lagi petugas yang melakukan kesalahan (tiada maaf jika disengaja, red),” kata Ria di Gedung Pemko Batam, Kamis (1/5).

Sanksi tersebut diadopsi dari Undang-undang Kependudukan Nomor 23 Tahun 2006. Pemberian sanksi tersebut bakal diatur dalam revisi Perda tentang Kependudukan Nomor 2 Tahun 2001 yang saat ini masih dibahas Pemko.

Selain mengubah, menambah atau mengurangi, revisi Perdaduk juga akan mengatur sanksi terhadap pihak-pihak yang tanpa hak mencetak, mendistribusikan dan menerbitkan blanko SIAK secara ilegal.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Sadri Khairuddin menuturkan, jika terbukti siapapun pelakunya bakal dikenakan sanksi denda Rp1 miliar atau penjara 10 tahun.

“Sedangkan bagi yang memalsukan surat atau dokumen dikenakan denda Rp50 juta atau penjara 6 tahun. Tapi ini masih kita kaji. Apakah saksinya dikurangi atau ditambah, kita belum tahu,” ungkapnya.

Tak hanya pejabat atau petugas yang bakal dikenai sanksi jika melakukan kesalahan, masyarakat pun demikian.

Pelanggaran administratif seperti keterlambatan pelaporan pindah, datang atau peristiwa penting misalnya, bakal dijatuhi sanksi beragam. WNI dikenai denda Rp1 juta sedangkan WNA maksimal Rp2 juta.

Sedangkan warga yang terlambat memperpanjang dan keluar rumah tanpa membawa KTP didenda Rp50 ribu. Revisi Perdaduk itu sendiri diperkirakan berlaku tahun depan.

Operator SIAK Dilatih Sementara itu, Pemko Batam memberikan pelatihan kepada 30 operator SIAK yang ditunjuk untuk meng-input berkas KTP sebanyak 11.437 yang menumpuk di kecamatan, kemarin.

Ke-30 orang itu diambil dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemko. Materi pelatihan selama tiga hari itu diberikan Badan Kominfo dan Disduk Capil Kota Batam.

Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mengatakan, pelatihan ini tidak hanya untuk operator yang baru ditunjuk, juga untuk para operator yang berada di kecamatan.

Ia berharap agar operator memasukkan data dengan benar, tanpa menambahkan atau mengurangi identitas pemohon SIAK.
“Masih banyak ditemukan data yang nama ganda, bahkan triple,” ujarnya di hadapan para operator.

Menurutnya, data tambahan di luar data base Disduk mencapai 140 ribu. Jumlah itu sudah termasuk data duplikat. Disduk sendiri baru berhasil menghapus data duplikat sebanyak 26 ribu. Celakanya, meski terus menghapus, namun data duplikat itu terus bertambah.

“Yang seperti ini tidak boleh terjadi lagi,” tegas Ria mengingatkan. (ros)

One thought on “Salah Input Data SIAK, Dipenjara

  1. Assalamualaikum wr.wb.

    Apa kabar Bapak yang baik? Ya.. ana prihatin dengan berita dimedia seolah-olah SIAK adalah kerjaan Bapak dan terkesan kerjaan tersebut gagal dan dapat menghambat PEMILU. Ya.. begitu kalau politis.
    Tapi Allah SWT tahu itu, dan orang-orang yang berakal sehat juga diberi penglihatan dan pendengaran oleh Allah SWT bahwa itu semua bernuansa politis dan disekenariokan.
    O ya… kita dulu pernah bicara untuk MEMECAHKAN PERSOALAN tersebut bersama Bu Melly Puspitasari; bahwa persoalan yang mendasar adalah MENTAL. Bapak mengusulkan salah satu Kecamatan ————- akan di coba dengan GTT (Group Transformation Training) seperti halnya HUMAS PEMKO BATAM.
    Insya Allah ini jalan keluar buat ‘merilis mental blok’ yang yang negatif.
    Ana sangat yakin GTT adalah SOLUSI.

    Salam buat keluarga..
    Sukron
    Agung – Humanika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s