KTP SIAK di Galang Gratis

Selasa, 2008 Mei 06

Sementara di Kecamatan Bulang penerapan SIAK amburadul. Sekitar 25 persen warga tidak memiliki KTP Batam. Lebih parah lagi, sekitar 70 persen yang berumahtangga belum memiliki surat nikah dan masih banyak anak-anak yang belum memiliki akta lahir. Hal ini terkuak ketiga Ruslan, Camat Bulang memeriksa administrasi pengurusan KTP SIAK di wilayah kerjanya itu. Warga yang mengurus KTP dan KK SIAK hanya 5-7 orang saja setiap hari.
Menurut Ruslan, warga enggan mengurus KTP karena faktor ekonomi. Untuk mengurus KTP warga terpaksa bolak-balik naik pancung ke Bulang hingga biaya transportasinya besar, padahal umumnya warga setempat perekonomiannya sangat lemah.

Untuk mengatasi masalah kesulitan warga dalam mendapatkan KTP, camat setempat menerapkan cara mendatangi perkampungan penduduk untuk membantu mengurus KTP warga. Salah satunya dilakukan di Kelurahan Setokok.
“Kita bawa kamera dan pegawai ke Setokok. Sebelum ke sana kita sudah memberi pengumuman terlebih dahulu lewat lurah setempat. Jadi, bukan warga lagi yang mendatangi kantor camat. Tapi, kita yang menjemput berkas mereka,” ujar Ruslan kepada wartawan di Pelabuhan Sagulung, Selasa (29/4).
Sudah lima pulau yang dikunjungi rombongan camat di Kelurahan Setokok. Dari Pulau Panjang, mereka berhasil membawa berkas pengurusan KTP-KK sebanyak 173, dari Pulau Akar 192 berkas, dari Pulau Nipah 194 berkas, dari Teluk Air 59 berkas dan dari Pulau Setokok 308 berkas.
Supaya warga tidak keberatan dalam mengurus KTP, biaya pembuatan KTP SIAK itu digratiskan. Demikian juga untuk perpanjangan KTP yang sudah habis masa berlakunya
“Tidak mungkin kita memungut biaya lagi dari mereka, mengeluarkan Rp50.000 saja mereka sudah kesulitan,” jelasnya. Untuk menutupi biaya pembuatan KTP bagi warga yang kurang mampu, pihak kecamatan berupaya mencari dana-dana bantuan dari luar untuk menutupi biaya pembuatan KTP dan KK itu.
“Kalau yang lahir di pulau itu, kita akan bantu. Tapi, bagi pendatang dan tak punya KTP Batam, saat membuat KTP mesti mengikuti prosedur yang ada,” kata Ruslan.(Batam News)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s