Operator KTP SIAK Dilatih

Selasa, 2008 Mei 06

Operator dadakan yang ditunjuk untuk meng-input berkas KTP yang menumpuk di kecamatan, dilatih mulai Kamis (1/5) kemarin.
Sebanyak 30 orang operator dadakan itu diambil dari SKPD di lingkungan Pemko Batam untuk menyelesaikan berkas KTP yang menumpuk sebanyak 11.437 berkas. Secara langsung pelatihan itu diberikan oleh Badan Kominfo dan Dinas Kependudukan dan Capil Kota Batam. Direncanakan pelatihan ini akan berlangsung tiga hari.
Sebelum di-training, camat dan para kepala seksi di kecamatan mendengar pengarahan dari Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika.
Ria mengatakan, pelatihan ini tidak hanya untuk operator yang baru ditunjuk, namun untuk operator yang berada di kecamatan. Ia mengharapkan agar operator meng-entry data dengan benar, tanpa menambahkan identitas baru ketika akan meng-input data.

“Masih banyak ditemukan data yang double, bahkan triple. Sementara setiap hari di Disduk selalu membersihkan identitas yang double itu, tapi besoknya ada lagi,” ujar Ria.
Katanya, jumlah data tambahan di luar data base yang terdapat di Disduk berjumlah 140 ribu. Jumlah itu sudah termasuk data yang duplikat. Saat ini Disduk baru berhasil menghapus data duplikat sebanyak 26 ribu. Dan setiap hari jumlah data duplikat itu ternyata bertambah. Diakuinya memang belum secara keseluruhan kantor kecamatan menggunakan sistem online.
“Bagi kecamatan yang belum online, bisa meng-entry data di kantor kecamatan terdekat. Tanpa harus ke Disduk,” ungkapnya.
Dengan adanya data duplikasi ini, sebenarnya bisa diketahui siapa operator yang sengaja menambah atau mengurangi data ketika melakukan entry data. Namun, kemarin Ria memberi kesempatan kepada seluruh operator dan kesalahan mereka dimaafkan. Pesannya, ke depan tidak ada lagi data duplikat pada saat meng-input data.
Kondisi seperti ini menurutnya tidak akan berjalan lama. Pemko Batam terus melakukan perbaikan sehingga tidak lagi ada permasalahan dalam KTP SIAK. Bahkan, ia menjanjikan hingga akhir tahun mendatang akan ada perubahan yang siginifikan. Namun harus didukung oleh seluruh pegawai. Karena tidak akan ada konsekwensi apabila ada yang menyalah gunakan sistem ini.
“Akan ada sanksi yang kita berikan. Dan ini akan diatur oleh Disduk,” katanya.
Untuk menerima keluhan dari masyarakat mengenai KTP SIAK, Pemko akan membuka layanan call centre. Call centre itu akan ditangani oleh bagian Humas Pemko Batam. Ria menginginkan agar setiap SMS yang diterima di-follow up, tidak dibiarkan bertumpuk. Bagian Humas Pemko Batam tengah mempersiapkan layanan call centre itu.(Batam News)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s