Lima Hari KTP SIAK Selesai

Minggu, 2008 Mei 11
Lima Hari KTP SIAK Selesai

Masyarakat Batam tidak perlu khawatir lagi dengan lambatnya proses penyelesaian KTP SIAK. Pasalnya, jangka waktu pengurusan KTP SIAK tersebut diperkirakan antara empat hingga lima hari. Menurut Ketua DPRD Kota Batam Soerya Respationo saat ini Pemerintah Kota (Pemko) Batam sedang membuat Standar Pelayanan Minimum (SPM) pembuatan KTP SIAK.
“Kita mengharapkan Pemko Batam bisa menyerap aspirasi masyarakat terkait sulit dan lambannya pengurusan KTP SIAK yang disampaikan saat reses anggota dewan,” ujar Soerya di Ruang Rapat Pimpinan, Selasa (6/5).
Dengan telah adanya SPM, diharapkan tidak ada lagi pengurusan KTP yang memakan waktu hingga berbulan-bulan. Terlebih saat ini input berkas KTP menumpuk telah dilakukan di kantor wali kota. Sehingga diharapkan setiap berkas yang masuk ke kantor camat dapat langsung diproses.

Hal lain yang dibahas dalam rapat koordinasi, Senin lalu, juga terkait pemberlakuan KTP Kuning dalam pelaksanaan Pemilu mendatang. Dengan tegas Soerya mengatakan bahwa KTP Kuning tetap berlaku hingga KTP SIAK keluar. Kepada wali kota, diminta untuk membuat surat edaran ke instansi-instansi bahwa seluruh urusan surat menyurat sebagai identitas dapat menggunakan KTP Kuning.
“Jadi, tidak harus pakai KTP SIAK. Mau buka rekening di bank atau buat paspor, bisa pake KTP Kuning,” ujarnya didampingi Sekretaris Dewan, Guntur Sakti.
Terkait masalah surat miskin yang kini kewenangannya berada di Disduk juga akan dibahas di tingkat Pemko. Semangatnya, kata Soerya, Pemko sudah mengetahui hal tersebut bahwa itu merupakan kewenangan camat. Namun, dialihkan atau tidak menurut Soerya itu keputusan dari Pemko termasuk surat pindah.
“Untuk masalah SPM, surat pindah maupun surat keterangan miskin saat ini tengah dibahas di Pemko. Bagaimana hasilnya tanyakan saja pada Pemko,” pungkasnya.(Batam News)

Advertisements

One thought on “Lima Hari KTP SIAK Selesai

  1. sebenarnya bagaimana proses persiapan pemerintah dalam pelakasanaan ktp berbasis siak??
    tolong dijelaskan selengkapnya,terima kasih
    ———
    Kalau anda ingin yg lengkap silahkan baca Blog ini dengan mengklik Tagging “KTP SIAK” atau FAQ KTP Siak, contohnya silahkan klik berikut ini http://www.riasaptarika.com/index.php/tag/ktp-siak/ atau http://www.riasaptarika.com/index.php/category/faq-siak-plus-batam/ dan http://www.riasaptarika.com/index.php/category/siak-kependudukan/

    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s