Tugas Pemko Terbengkalai

Senin, 2008 Mei 12

Karena sibuk ngurus KTP SIAK, banyak tugas Pemko yang terbengkalai. Saat ini harga-harga kebutuhan terus naik, sementara kontrol harga dari Pemko Batam sangat lemah. Demikian juga dengan persiapan Dinas Pendidikan untuk menyambut tahun ajaran baru.
Hal itu dikatakan Ketua Komisi I, DPRD Kota Batam, Ruslan Kasbulatov Senin (5/5). Menuurt Ruslan, Wali Kota Batam saat pelantikan kepala dinas beberapa waktu lalu berjanji akan mengevaluasi terhadap kinerja SKPD di lingkungan Pemko Batam, tiga bulan sekali. Nyatanya, sampai bulan kelima 2008, Dahlan belum melakukan evaluasi. Dalam waktu dekat, Komisi I yang membidangi aparatur akan memanggil seluruh Kadis. Pemanggilan tersebut menyangkut realisasi anggaran selama tiga bulan.
“Kadis yang tidak bisa kerja ganti saja,” ujar Ruslan.

Sampai saat ini Kadisdik tidak memiliki data base anak usia sekolah. Sehingga tiap tahun timbul persoalan masalah daya tampung sekolah. Yang juga perlu dievaluasi, menurutnya, adalah kinerja dokter di daerah hinterland, Kecamatan Bulang. Karena dokter yang ditugaskan di pulau itu tidak berdomisili di sana. Akibatnya, ketika ada masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis, tidak bisa ditangani.
“Pengaduan masyarakat ada yang mau melahirkan akibat dokternya tidak ada, anaknya meninggal,” kata Ruslan. Padahal, untuk menangani masyarakat di Bulang perlu 30 orang tenaga medis, namun yang ada cuma satu orang dokter. Begitu juga dengan dokter di RSUD, ada yang datang terlambat dan jam 14.00 WIB sudah tutup.
“Coba lihat kerja Pemko hanya sibuk mengurus KTP SIAK. Pengendalian harga Sembako yang terus melonjak tidak ada diperhatikan. Masyarakat sudah semakin terjepit tapi pemerintah diam saja,” pungkasnya.
Sementara itu, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengatakan yang dilakukannya untuk mengevaluasi kinerja SKPD adalah dari segi administrasi dan pelaksanaan prestasi kerja.(Batam News)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s