Kesalahan Data KTP SIAK Tanggung Jawab Kecamatan

Sabtu, 17 Mei 2008
Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Batam Said Khaidar mengatakan, adanya kesalahan dalam pencantuman data pribadi warga dalam KTP SIAK, sepenuhnya merupakan tanggung jawab kecamatan, meskipun sejak awal Mei lalu entry data KPT SIAK berada di bawah kendali Bagian Tata Pemerintahan“Itu urusan kecamatan. Kami hanya menyelesaikan data yang menumpuk,” ujar Said Khaidar kepada Batam Pos, Jumat (16/5).

Semula proses entry data dipusatkan di Kantor Dinas Kependudukan di Sekupang. Namun karena berbagai kendala, seperti server rusak karena tersambar petir, petugas kurang cakap, dan beragam masalah teknis lainnya. Proses akhirnya dipindah ke Kantor Wali Kota di Batam Center.

Tapi, bagaimanapun juga, kata Said Khaidar, semua data yang dimasukkan petugas di Kantor Wali Kota tetap berpangkal dari kecamatan. “Kita hanya meneruskan,” katanya.

Said enggan berkomentar banyak soal masalah ini. Pasalnya, dirinya mengaku sedang berada di Natuna dan tidak mengetahui permasalahan kesalahan data KTP tersebut.”Saya belum baca beritanya,” ucapnya singkat.

Said hanya menyarankan agar menanyakan langsung hal ini kepada kecamatan yang bersangkutan, tempat KTP tersebut dikeluarkan.

Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika sebagai penanggung jawab program KTP SIAK yang dikonfirmasi soal kejadian ini, juga tak banyak berkomentar. Pesan singkat yang dikirimkannya hanya mengatakan “Harus diperbaiki segera”.

Seperti diberitakan kemarin, banyak warga mengeluhkan produk KTP SIAK, karena terdapat banyak kekeliruan dalam pencantuman data pribadi. Misalnya, ada warga yang agamanya berubah karena petugas salah memasukkan data. Ada yang tahun lahirnya berbeda dengan yang seharusnya. Ada pula yang alamat RT dan RW nya tidak cocok dengan aslinya.

Salah satu yang mengalami kejadian itu adalah Hotlan Nainggolan warga Tiban Lama RT001/RW007 Sekupang. Hotlan kecewa atas kinerja pegawai Kecamatan Sekupang.

Pasalnya, agama yang tertera di KTP tidak sesuai dengan agama yang dipeluknya.
Oleh petugas kecamatan, Hotlan hanya disuruh bersabar menungggu kartu keluarga (KK) selesai dicetak. Namun sebelumnya dirinya sempat ‘dikeroyok’ oleh pegawai kecamatan. ***

One thought on “Kesalahan Data KTP SIAK Tanggung Jawab Kecamatan

  1. Wah, datacenter kok bisa kena petir. Kayaknya musti memperbaiki lightening system nya nih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s