Sistem Baru Memperlambat Proses KTP SIAK

Minggu, 2008 Mei 18

Meski seluruh berkas KTP yang menumpuk di kecamatan telah dikerjakan secara massal di kantor wali kota, namun, belum menyelesaikan masalah carut-marutnya proses pembuatan KTP SIAK di Batam. Seperti di Kecamatan Batuaji, proses pengurusan KTP perlu waktu 45 hari.
Camat Batuaji, Ahmad Arfah mengatakan, keterlambatan pembuatan KTP SIAK ini akibat pengalihan data dari kecamatan ke wali kota dan perubahan ke sistem online.
“Tahap-tahap pembuatan KTP belum normal, karena masih ada pembenahan dalam likuidasi data dan adanya perubahan sistem yang dulunya masih manual menjadi sistem online,” kata Ahmad kepada Batam News, Rabu (14/5).

Ketika ditanya tentang adanya pencaloan untuk mengurus KTP, Ahmad menghimbau agar masyarakat langsung mengurus KTP ke kantor Camat dan tidak tergiur dengan tawaran jasa pihak ketiga.
“Kita selalu memperingati agar masyarakat tidak mengurus KTP melalui calo. Peraturannya, untuk perpanjangan KTP tidak dikenakan biaya sama sekali. Kalau membuat KTP baru hanya Rp10 ribu kemudian untuk mengganti Kartu Keluarga yang baru dikenakan retribusi Rp5 ribu,” terangnya.
Ketika ditanya kemungkinan KTP kuning diberlakukan lagi untuk pendatang baru, Ahmad mengatakan tidak dapat memberikan komentar banyak, karena pihak Kecamatan hanya sebagai pelaksana saja.(Batam News)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s