Berkas Akta Kelahiran Numpuk

Selasa, 2008 Mei 20

Proses pelayanan yang berhubungan dengan masyarakat di Dinas Kependudukan, tidak ada yang bisa rampung dalam waktu dekat. Selain KTP SIAK yang selalu menjadi sorotan masyarakat, ternyata akta kelahiran juga prosedurnya cukup rumit dan perlu waktu dua bulan agar akta kelahiran itu bisa terbit.
Sementara, pihak Dinas Kependudukan, ketika ditanya tentang lambatnya selesai akta kelahiran menyebutkan, lambatnya proses pembuatan karena banyaknya permohonan yang masuk. Karena berkasnya numpuk, petugas Dinas Kependudukan tak sanggup lagi mengejar penyelesaian seperti yang sudah-sudah yang hanya butuh waktu dua pekan untuk merampungkan 1 akta kelahiran.
“Padahal, kita sudah menarik empat petugas dari pelabuhan untuk diperbantukan di sini. Tapi, itu pun belum terkejar,” ujar M Jamil, Kabid Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan Batam, kemarin.

Menurut Jamil, ada dua kemungkinan yang menyebabkan membludaknya permohonan akta kelahiran ini. Yakni, karena masa pendaftaran sekolah sudah menjelang tiba, dan satu lagi karena batas waktu dispensasi yang diberikan Disduk tinggal sebentar lagi. Pemberian dispensasi, dengan tidak membebankan vonis pengadilan bagi yang sudah terlewat umur, ditetapkan hanya berlaku sampai 30 Juni mendatang.
“Sebenarnya, kita sudah menginformasikan hal itu sejak Januari lalu, tapi kok baru sekarang diurus,” ujarnya.
Belakangan ini, permohonan akta kelahiran bisa sampai 50 permohonan per hari. Karena terbatasnya berkas yang dikerjakan per harinya hingga terjadi penumpukan berkas.
Ditambah lagi, karena listrik sering mati, memperparah proses penyelesaiaan pembuatan akta kelahiran. Solusinya, masa pengurusan mesti yang diperpanjang. Jika, sebelumnya hanya butuh waktu dua minggu, sekarang warga yang mengurus harus siap menunggu sampai dua bulan.(Batam News)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s