Bikin KTP Hanya Tiga Hari

Selasa, 20-05-2008

BATAM, TRIBUN – Dinas Kependudukan Batam akan segera menerbitkan standar pelayanan minimum (SPM) pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Paling tidak dalam sebulan ke depan, SPM telah diterapkan di masing-masing kecamatan.

“Kita sekarang sedang menyusun SPM untuk pelayanan KTP dan KK. Apabila nanti sudah diterapkan, maka pengurusan KTP cukup tiga hari. Sedangkan untuk mengurus KK minimal 14 hari karena harus saya teken semuanya,” kata Kepada Disduk Batam, Sadri Khairuddin di kantor Pemko Batam, Senin (19/5).

Sadri menyebut selama ini belum bisa cepat pembuatan KTP dan KK karena data penduduk belum masuk semuanya ke data server. Apabila sudah masuk tentu untuk pembuatan KTP tidak akan sulit tinggal mencocokkan data saja lalu mencetak KTP.

“Untuk buat KTP, cukup tiga hari saja karena tandatangan saya sudah discan di tiap kecamatan. Sedangkan untuk KK, selain ada perubahan jumlah anggota keluarga akan lebih lama waktunya sampai 14 hari, sebab semua data KK akan saya teken dan di cek dengan teliti datanya,” jelas Sadri.

Untuk diketahui berkas permohonan KTP yang menumpuk sebanyak 11.437 berkas dari 12 kecamatan. Berkas yang paling banyak menumpuk berada di Kecamatan Sekupang mencapai 1.952 berkas, disusul Kecamatan Sagulung sebanyak 1.600 berkas, kemudian Kecamatan Batam Kota sebanyak 1335 berkas, lalu Batuaji sebanyak 1.300 berkas, Lubuk Baja sebanyak 1200 berkas,

Batuampar dan Sungai beduk sebanyak 800 berkas, Nongsa dan Bengkong sebanyak 750 orang dan sisanya tersebar di kecamatan lainnya.

Sejak dimulai pengerjaan KTP SIAK di lantai IV kantor Pemko jumlah KTP yang diproses sebanyak 6.777 berkas. Sedangkan yang sudah dicetak sebanyak 5981 lembar terdiri dari 1.611 lembar KTP dan 4.370 lembar KK.

Di saat yang bersamaan petugas kecamatan melakukan input data sehingga data warga yang sudah terinput sebanyak 183 berkas sedangkan yang sudah dicetak sebanyak 65 KK dan 62 KTP.

Sekarang sudah selesai entri data penduduk, tapi pencetakan KTP dan KK belum selesai. Proses pengentrian data kemungkinan masih terus berlanjut karena hari ini Kecamatan Batuampar sudah mengantar data sebanyak 200 berkas.

Selama ini warga sering mengeluh untuk mendapat KTP SIAK. Karena mereka sering dipimpong petugas. Untuk mengantisipasi hal itu, petugas kecamatan akan melakukan standar pelayanan minimal. (hat)
Urus SKCK Bayar Rp 25 Ribu

KENDATI terus disorot, pungutan di kecamatan masih saja terjadi. Beberapa warga yang ditemui di Kecamatan Sagulung, mengaku membayar Rp 25 ribu saat mengurus SKBB.

Camat Sagulung Zulkifli mengatakan, belum mengetahui praktik tersebut.”Saya akan cek kebawahan saya besok. Saya tidak tahu ada pembayaran itu karena saya di atas dan bawahan saya di bawah. Kami akan periksa,” ujar Zulkifli kepada Tribun Senin (19/5)

Zulkifli menambahkan jika ada warga yang diminta uang SKCK sebaiknya melapor keruangannya. Namun kondisi ini nampaknya sulit terjadi lantaran ruangannya dijaga petugas Satpol PP.(rnd)

Advertisements

4 thoughts on “Bikin KTP Hanya Tiga Hari

  1. yup..
    mudah mudahan saja cepat untuk di implementasikan.
    ———
    Amiin mari kita dukung niat baik mereka.
    Thanks & wasalam
    Ria

  2. bener ga tuh beritanya…kemarin pas saya ambil KTP, kata orang kecamatan batam kota bilang KK jadinya 2 BULAN LAGI……saya entri bulan Februari berarti jadinya April Dunk…
    Ayo semangat Pak……..
    S x an mo tanya…kantor KPP Batam sama samsat jauh ga….sy mo lapor SPT Tahunan nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s