Urus KTP di Batam Kota 3 Hari Selesai

Kamis, 22 Mei 2008
BATAM (BP) – Dasrul Azwir, Camat batam Kota menjamin mengurus KTP SIAK di tempatnya hanya makan waktu tiga hari.Dasrul mengatakan setidaknya 80 KTP ia keluarkan setiap hari. Ia bilang Kecamatan Batam Kota mengerjakan semua proses KTP di kantor, tidak terpusat di Kantor Pemko.

Jaminan tiga hari kelar ini ia tegaskan dengan mengerahkan seluruh staf kecamatan untuk

lembur, mengingat listrik yang kerap padam sehingga mengganggu kjinerja di siang hari.

Jaminan ini dikeluarkan Kecamatan Batam kota sejak 19 Mei lalu. (cr10)

8 thoughts on “Urus KTP di Batam Kota 3 Hari Selesai

  1. Dan kenyataannya statement dari camat beda banget dengan karyawan bawahannya.
    Camat berkata : “3 hari KTP beres”
    Karyawan Kecamatan : “Janganlah percaya mas sama koran, itu mah cuma cari muka aja”

    Jangan percaya pada pemimpin2 yang mencari muka dan perhatian masyarakat saja, Maklum bentar lagi pemilu. Koran sudah dibayar untuk mempopulerkan statement pemimpin di Batam.

    Jangan kaget, menempatkan statement bagus pemimpin di sini, hanya bayar beberapa rupiah saja, demi pencitraan nama baik. Dan pasti mutu statement itu hanya omong kosong.
    ———
    Pak Younan,
    Gimanapun kita mesti memberi apresiasi kepada Camat yg berani berkomitmen memberikan pelayanan yg maksimal di tengah kondisi kecamatan2 lain yg masih belum semangat.
    Tentunya kita berharap ini akan segera diikuti oleh Camat-camat lain lebih lagi para stafnya yg mestinya justru loyal pada atasannya.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. Pak Ria
    Apa sich sebenernya masalah utama KTP SIAK.
    Please jelaskan dengan gamblang. Flow chart nya gimana ?
    Dari pendaftaran sampai KTP selesai.
    Apa perlu didatangkan auditor IT, biar prosesnya bener dan cepet.

    – Pendaftaran 1 hari
    – Verifikasi berkas 1 hari
    – Input data ke sistem 1 hari
    – Printing KTP 1 hari
    – KTP siap ambil

    Normalnya kan gitu aja kan prosesnya ?
    Ada yang lain lagi?
    Seminggu udah siap ambil. Wajar dan semua puas.
    Tanpa ada rame2.
    Apa perlu Kecamatan & Pemko didemo gara2 KTP aja. Gak Lucu khan?
    This is the simple case, Pak.

    Dari dulu cuma janji mulu, saya sudah bosan.
    “Sesuatu yang mudah jangan dibuat susah”
    Dan memang ini adalah VISI sejati ABDI RAKYAT (PNS) di negeri ini.
    ——–
    Hi Pak Younan Terimakasih atas masukan dan dgn tidak bosan-bosan nya.
    BTW: Kami saat ini dalam progress melakukan pembuatan dan sinkronisasi SPM (Standar Pelayanan Minimum) yg diterapkan di masing-masig Kecamatan dan Dinas Kependudukan.
    Dan untuk itu kita telah membentuk task force, tunggu saja dan nanti setelah selesai silahkan di review.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. saya setuju dengan pak Younan terkait dengan perlunya ada informasi kejelasan prosedur penerapan SIAK, mungkin dengan flowchart sederhana yang akan mempermudah orang awam untuk meahaminya.

    terkait dengan komen pak Ria bahwa saat ini sedang dalam pembuatan dan progress sinkronisasi SPM…well, kayanya emang cukup jelas saya menangkap “memang” bahwa Batam memang belum siap untuk SIAK… dan kami sebagai masyarakat yang harus menanggung akibatnya, apalagi saya yg kebetulan bekerja di luar kota [Jakarta-red], hal ini sangat menggangu kegiatan praktis keseharian saya mulai dari hal sepele seperti transaksi Bank, pengurusan dokumen lain spt pembuatan paspor bahkan sampai pemesanan tiket pesawat atau saat check-in bandara….

    kapan ya KTP kisa selesai??……..

    best rgrds,
    kisa
    ———–
    Hemmm Alhamdulillah saya masih tersenyum 🙂 saat menjawab commnet ini semoga saya masih bisa terus seperti ini… karena inilah kerja besar yg memang perlu perjuangan & kerja keras.
    Sebenarnya sy agak terpojok… hmmm tapi saya coba senyum sekali lagi 🙂 … apalagi saat membaca dibawah ini

    “..bahwa Batam memang belum siap untuk SIAK…”

    Tapi saya bangga dengan warga Batam yg sangat peduli dan kritis… apalagi masih memberi kesempatan pada kami untuk memperbaiki diri.

    Sebenarnya apa yg sy katakan diatas tentang Sinkronisasi SPM tsb…bukan berarti sebelumnya tidak ada SPM, tapi antara SPM yg ada dengan kondisi dilapangan sangat berbeda, makanya sy memerintahkan di Internal agar SPM tsb dapat disinkronkan dengan realita dan menjadi sesuatu yg memudahkan, menjadi pedoman & menjadi komitment internal Pemko untuk masyarakat.

    Sebenarnya kami sedang melakukan perubahan kultur secara besar2an terkait pembangunan Database ini… ini pekerjaan besar, sangat sulit… kita tidak akan pernah memulainya bila kita menunggu agar perfect terlebih dahulu…kecuali kita berani melakukannya dan sambil memeperbaikinya in proses dan berkesinambungan.

    BTW: Bagaimanapu saya bangga dengan warga Batam dan Bangga menjadi wawa di Kota Batam yg memeliki Indeks sumberdaya manusia yang terbaik di Indonesia.

    Mba’ atau Mas Sih,… satu lagi mhn maaf terliwat menjawab comment Mas Kisa pada tanggal 6 May sebelumnya.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. Bismillah
    Sebagai pucuk pimpinan, seharusnya ada analisa strategis, sehingga besar kemungkinan meminimalkan resiko. Persiapan yang baik akan menghasilkan banyak alternatif plan A, plan B sampai plan Z.
    Pembisik Pak Walikota kurang canggih nich.

  5. Assalamu’alaikum wr.wb,
    sekali lagi saya setuju dengan pak Younan, ibarat orang kerja di militer mestinya ada alterntif plan, jika Plan A tidak berhasil langsung tanggap untuk plan B, dst.
    dan memang pelu dilakukan analisa strategis atau mungkin perlu diterapkan “trial” terlebih dahulu untuk menentukan step apa yg selanjutnya harus diambil/sebaiknya diambil.
    Jika dilihat keadaan seperti sekarang ini saya bener-bener fed-up dibuatnya…bagaimana tidak, sudah sejak april lalu saya mengajukan permohonan perpanjangan KTP mengingat KTP saya sudah hampir habis masa berlakunya [bertepatan dengan tanggal lahir saya 13 April],seminggu sebelumnya saya segera memasukkan permohonan saya di kecamatan Nongsa. 3-4 minggu, okelah saya pikir toh saya bisa ditinggal dan mendelegasikan pengurusan selanjutnya pada abang saya mengingat saya bekerja diluar kota. Bulan Mei berlalu sudah, sekarang bulan Juni juga sudah lewat dan hingga detik ini masih belum ada kabar gembira terkait dengan status KTP saya tersebut. Dan saya yakin banyak yang mengalami nasib seperti saya ini
    Yang saya sesalkan mengapa tidak ada option lain bagi kami ini yang membutuhkan selembar kartu pembuktian identitas tersebut untuk aktivitas sehari-hari. Maaf jika comment saya terkesan memojokkan bapak, yah namanya juga pemimpin kudu siap di complaint dan dikritik.
    Dengan masalah yang ada ini, yang saya tanyakan adalah bagaimana solusinya? Langkah apa yang telah diambil Pemko menanggapi isu ini? Mohon pencerahaannya.
    Wassalam,

    Thanks& best regards,
    kisa

    PS : saya 100% “perempuan”
    ———–
    Hi Mba’ Kisa, terimakasih atas kunjungan dan comment nya yg mengena dan sy malah senyum 🙂 saat membaca ini.
    Walaupun sy harus berulang kali menyampaikan disini dan tidak bosan2 nya melakukan perbaikan dan perbaikan di sana-sini di internal Pemko Batam… Bahkan tiada hari tanpa membahas malalah KTP ini.

    BTW:Masalah KTP ini solusi sementara kami sudah meminta/instruksikan para camat mengeluarkan surat keterangan lain dan atau resi/foto copy KTP yg diperpanjang dengan regalisir yg menyatakan surat ini dapat dipergunakan untuk mengurus segala keperluan surat-menyurat sampai menunggu KTP barunya jadi.

    Dilain hal kami juga sedang melakukan simplipikasi SPM (Standard Pelayanan Minimum) untuk mempermudah Masyarakat dalam membuat KTP itu.
    walaupun sebagaimanan kami katakan tiga hal (Hardware, Software dan SDM) masih menjadi kendala…
    Tapi jangan khawatir saat ini kami tengah dan terus bekerja… semoga diawal tahun nanti ada perkembangan yg sangat berarti untuk perbaikan masalah ini.

    Tanks & Wassalam
    Ria

  6. HALO PAK… mohon maaf yah. saya submit form aplikasi pembuatan ktp pada tanggal 5maret2009 14hari kerja selesai tgl 19maret2009 tapi orang kecamatan bengkong mengatakan bahwa ktp saya belum jadi.. bagaimana pak menangani kasus saya.. 14hari bukan waktu yang singkat loh pak, 2minggu saya harus menuggu ktp untuk saya kerja diperhotelan karena magang. dan saya tinggal dibatam udah 11tahun. selain magang saya juga harus biayai kuliah saya dengan bekerja bersama salah 1 tour travel dibatam dengan membawa turis2 dari singapore kebatam. karena gara2 ktp belum selesai2 sampai skrng,saya gak bisa perpanjang passpor saya.. dan saya nunggak biaya kuliah saya 1bulan.
    TOLONG YAH pak.. apa seh kerjaan kecamatan sehingga ktp saya belum jadi. apakah 14hari tidak cukup buat mereka mencetak ktp saya? sedangklan membuat passpor harus nunggu 6hari kerja lage. saya sangat mengesalkan sekali.. dan bahkan bukan saya saja, tapi semua 1keluarga saya, ibu,bapak,dan adik2 saya semuanya telat mendapatkan ktp yg diperpanjang yang semestinya sudah bisa diambil setelah 14hari. skrng KK keluarga saya juga sudah 1,5bulan belum keluar2. mana yang dijanjikan bahwa kk hanya 14hari kerja dan ktp 3hari keja? bagaimana batam bisa maju kalo perkara kecil seperti ini, pemerintahan batam todak bisa mengatasinya. maaf sebesar2nya pak.. saya hanya comment, dan saya rakyat kecil yang juga mahasiswa. TERIMAKASIH.
    ———–
    Hi Ivan, Terimakasih atas laporannya,
    Insya Allah akan sy bantu untuk mengatasinya…
    Pls kirimkan via email No.Reg & Biodata lainnya.

    Mohon maaf atas ketidak nyamanannya!
    Wassalam
    Ria

  7. Assalamualaikum Pak Ria
    apakabar, semoga bapak selalud alam lindungan Allah SWT.

    Bapak yang baik, saya ingin tanya beberapa hal:
    1. berapa lama jam kerja petugas kecamatan/kelurahan perhari?

    2. apa ada sanksi jika aparat yang bertanggung jawab di kantor lurah/camat tidak ditempat di saat jam kerja?

    3. Apakah aparat tersebut bisa pulang lebih cepat hanya karena ada acara pada malam hari di hari yang sama (Suka-suka hati)?

    4. Dan jika saya menemukan kondisi diatas, kemanakah saya mengadu?

    Terimakasih pak
    salam untuk keluarga 🙂

    wassalamualaikum wr.wb
    liza
    .-= Liza´s last blog ..Diare, Muntah & Dehidrasi =-.

Leave a Reply

