2012, Internet Broadband Jangkau 50 Juta Pelanggan

Tribun Batam/Iman Suryanto Para siswa dari berbagai sekolah di batam mencoba jaringan internet secara langsung sekaligus mengikuti Game on line di Dataran Engku Putri Batam centre, Kamis(31/1). Pada saat yang sama juga di lakukan peluncuran taman internet. Rabu, 5 Maret 2008 | 11:13 WIBJAKARTA, RABU – Pemerintah Indonesia menargetkan penetrasi internet berkecepatan tinggi (broadband) di Indonesia mencapai 20 persen pada 2012. Sekitar 50 juta pelanggan, baik perorangan maupun instansi, dapat memanfaatkan konektivitas internet berkecepatan tinggi.

“Target penetrasi pita lebar mencapai 20 persen pada 2012. Pada tahun 2014 nanti diharapkan pengguna internet tersebut mencapai 150 juta orang,” kata Suhono H Supangkat, Staf Ahli Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, di Gedung Depkominfo, Jakarta Pusat, Rabu (5/3). Hal ini menjadi salah satu tujuan utama kerja sama Investor Group Against Digital Divide (IGADD) dengan Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo).

IGADD telah memilih Indonesia sebagai model investasi untuk menutup kesenjangan digital. Di Indonesia, IGADD menjadi sebuah koalisi akademis, pemerintahan, dan institusi bisnis yang bersekretariat di The Habibie Center. Organisasi yang didirikan Universitas Harvard dan MIT itu akan berperan aktif untuk mendukung pencapaian tersebut melalui The Habibie Center (THC).

Penandatanganan nota kesepahaman antara Depkominfo dan THC mengenai percepatan penetrasi broadband 2012 di Indonesia telah dilakukan pada Februari 2008 lalu. Kedua belah pihak akan bekerja sama dalam bentuk riset, seminar, dan penulisan laporan yang mempertimbangkan inovasi teknologi, finansial, dan kebijakan publik yang mampu menarik minat investor untuk mencapai target 20 persen pengguna broadband pada 2012. (SMS)

Sumber: Kompas.com 
Advertisements

One thought on “2012, Internet Broadband Jangkau 50 Juta Pelanggan

  1. Saya sangat antusias mengetahui bahwa di Engku Putri udah ada taman hotspot, dan dengan semangat juang 45 saya langsung kesana dan mencoba koneksi. Tapi setelah browsing beberapa saat saya harus menemui kekecewaan dimana koneksi yang saya dapat tidak lebih baik dari koneksi dial – up dan juga download speed hanya 1 kb/s dengan signal status yang poor. Saya mengerti masih ada pertimbangan bisnis disini dari PT. Telkomnya, karena jika koneksi berkecepatan tinggi, bisa – bisa speedy nggak laku. Tetapi dengan motto batam pulau digital mungkin dibutuhkan proaktif wawako (Pak Ria sebagai pelopor) untuk lebih mensosialisasikan taman internet ini ke masyarakat dan juga meningkatkan bandwith dari taman internet tersebut. Saya merasa jika koneksi seperti ini akan membuat taman internet hanya menjadi taman olahraga. Mungkin kita bisa belajar dari negara tetangga sebelah (Singapura) yang banyak menyediakan hot spot dengan akses kecepatan tinggi pada tempat 2 pelayanan public. Semoga masyarakat batam akan semakin banyak melek informasi dengan tersedianya taman internet yang mempunyai high bandwith. Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s