KTP SIAK Siap Tiga Hari

Jumat, 23 Mei 2008Janji Camat Batam Kota

Camat Batam Kota Dasrul menjamin dalam tiga hari kepengurusan KTP SIAK sudah selesai. “Saya bisa menjamin itu,” tegas Dasrul saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (22/5).
Menurut Dasrul penumpukan KTP yang selama ini terjadi, sejak 19 Mei lalu sudah tidak ada lagi.

“Semuanya telah diserahkan kepada masyarakat,” katanya kepada Batam Pos.

Sejak 19 Mei itulah, jajaran Kecamatan Batam Kota menjanjikan kepengurusan KTP selesai dalam tempo tiga hari, bukan satu bulan lagi. Jika pada saat jatuh tempo yang dijanjikan, pagi harinya KTP belum selesai. Sore bisa dipastikan selesai. “Yang pasti selesai dalam waktu tiga hari,” tegasnya kembali.

Dasrul menambahkan, seringnya pemadaman listrik yang dilakukan PLN Batam, masih menjadi suatu kendala dalam proses kelancaran pembuatan KTP. Meski demikian, dengan komitmen yang telah dibuat, Dasrul menyiasatinya dengan memerintahkan pengawai yang bertugas memasukkan data dan mencetak KTP, untuk kerja lembur. “Bahkan mereka lembur sampai jam lima pagi,” ujarnya.

Hal ini dilakukan, agar tidak terjadi kembali penumpukan KTP di kecamatan. Sedangkan setiap harinya, jumlah pemohon mencapai 70 sampai 80 orang per hari.

Di samping itu, demi komitmen yang telah disepakati, jajaran Kecamatan Batam Kota menambah jumlah komputer yang dioperasionalkan, dari tiga komputer menjadi enam komputer. “Penambahan tiga komputer diambil dari komputer kantor yang tidak terlalu difungsikan,” tambahnya.

Sedangkan untuk penambahan petugas, yang bertugas memasukkan dan mencetak data, jajaran Kecamatan Batam Kota melatih beberapa pegawai honor yang mengerti tentang komputer untuk tugas tersebut.

“Sehingga sekarang ada enam operator yang bertugas,” imbuhnya.
Namun Dasrul mengingatkan, KTP yang bisa diproses dan selesai dalam tempo tiga hari tersebut adalah pemohon yang telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Dan telah mengisi seluruh data dengan lengkap dan benar.

Syarat-syarat permohonan KTP antara lain surat pengantar RT/RW dan lurah. Serta foto kopy KTP lama. “Itu bagi pemohon baru,” katanya. Sedangkan bagi pemohon yang pindah dari suatu daerah harus disertai surat pindah. “Dari Disduk bila pindah antar daerah. Sedangkan jika pindah antar kecamatan, hanya surat pindah dari Kecamatan,” tuturnya.

Sementara untuk proses pembuatan Kartu Keluarga (KK), jajaran Batam Kota tidak dapat menjanjikan dalam waktu singkat. “Karena data harus di kirim ke Disduk dulu,” tambahnya. Setidaknya dua minggu. Dan paling lama satu bulan. (cr10)

One thought on “KTP SIAK Siap Tiga Hari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s