Tim Batam Bertekad Kalahkan Juara Bertahan

Jumat, 23-05-2008 | 00:47:24Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) II tingkat Provinsi Kepri di Kabupaten Natuna, 21-28 Mei 2008, dipastikan berlangsung ketat karena masing-masing tim yakni dari Batam, Karimun, Tanjungpinang, dan Natuna. memiliki kemampuan yang luar biasa.

Kemarin, Kamis (22/5), pada babak penyisihan di Balai Laksamana Ranai, Tim Fahmil dan Syahril Tiga Khafilah unggulan, yakni Batam, Tanjungpinang, dan Karimun melenggang ke babak final setelah mengalahkan lawan-lawan mereka.

M Aris, ofisial Khafilah Batam mengatakan puas dengan hasil sementara ini, meski akan bertemu dengan tim Fahmil dan Syarhil Khafilah Karimun sebagai juara bertahan. “Kita sudah membuktikan kelas kita, dan kami harap tren positif ini akan berlanjut di final nanti,” ujar M Aris.

Hal senda dilontarkan Koordinator musabaqah kafilah Batam, Sarbaini yang menyebutkan, peserta Batam tampil baik di dua cabang, sehingga masuk babak final. Ia sejak awal sudah menduga akan bertemu dengan Karimun dan Tanjungpinang di babak final. “Kita yakin menang di dua nomor ini,” kata Sarbaini.

Lebih lanjut Sarbaini mengatakan bahwa baru dua cabang tersebut yang sudah mendapatkan peserta finalnya sementara cabang lain baru masuk babak penyisihan. Ada juga cabang perlombaan yang baru digelar hari Jumat ini dan Sabtu besok.

Selanjutnya tiga khafilah tersebut Karimun, Batam dan Tanjungpinang tersebut akan menunjukan siapa yang terbaik diantara mereka pada Jumat (23/5) ini untuk Fahmil. Sementara final syarhil Quran berlangsung, Minggu (25/5) di Balai Laksamana.

Tidak seperti di Syarhil yang hanya mempertemukan Batam,Karimun dan Tanjungpinang, tim Fahmil ke tiga Khafilah unggulan tersebut juga akan ditemani tim Fahmil Kahfilah tuan rumah, Natuna. Bupati Natuna Drs Daeng Rusnadi mengharapkan Kahfilah Natuna bisa menjegal laju tim unggulan.

“Ini Natuna, kami tidak hanya ingin jadi yang sukses sebagai penyelenggara tapi juga dalam prestasi,” kata Daeng Rusnadi.

Babak final syarhil Quran mempertemukan Batam, Karimun dan Tanjungpinang. Sementara di fahmil, selain Batam, Karimun, Tanjungpinang, juga ada Natuna. Fahmil Quran digelar di ruangan pertemuan Balai Laksamana.

Cabang syarhil Quran mengambil tempat di balai pertemuan, Ravi Selera. Kemarin digelar perlombaan sejumlah cabang. Diantaranya, penyisihan tilawah golongan anak-anak di arena utama Masjid Agung Ranai, tahfiz golongan satu juz, dan tahfiz golongan 10 juz digelar di Masjid Jamik Bunguran Timur. Perlombaan lainnya syahil Quran bertempat di Ravi Selera dan fahmil di Balai Laksamana.

Sesuai jadwal, hari ini, Jumat (23/5) ada lima enam cabang yang dilombakan diantaranya tartil Quran di Masjid Agung Gerbang Utaraku, Ranai, tahfiz lima juz, tahfiz 20 dan tahfiz 30 juz di Masjid Jamik Bunguran Timur. Cabang lainnya adalah fahmil Quran di Balai Laksamana dan Syarhil Quran di Ravi Selera. Ada juga cabang tilawah golongan remaja yang baru babak penyisihan.

Berdasarkan Pantauan Tribun, di arena perlombaan yang tersebar di lima tempat, selain ramai oleh peserta, juga dimeriahkan dukungan ofisial setiap Kahfilah. Lima lokasi perlombaan, yaitu arena utama Masjid Agung Gerbang Utaraku, Ranai, MAN Ranai, Balai Laksamana, Masjid Jamik Bunguran Timur, dan Ravi Selera.

Jarak setiap lokasi tak begitu jauh dari Masjid Agung yang memang dibangun khusus dalam rangka pelaksanaan MTQ II Kepri tersebut. Paling jauh sekitar dua kilometer.

Pembukaan meriah
Sebelumnya, pada Rabu malam, MTQ resmi dibuka oleh Gubernur Kepri, Ismeth Abdullah dengan melakukan pemukulan beduk diikuti Wagub HM Sani, Bupati Natuna Daeng Rusnadi, Bupati Bintan Ansar Ahmad, serta dihadiri Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika dan Wali Kota Tanjungpinang Suryatati A Manan.

Pembukaan dimeriahkan parade beduk Pemkab Natuna, drumband Gita Suara Samudra dari SMK Negeri Kelautan dan Perikanan Kabupaten Natuna, dan antraksi tarian massal gabungan siswa-siswa sekolah di Kabupaten Natuna.

Acara semakin meriah ketika setiap Khafilah peserta MTQ II Kepri melakukan selebrasi perkenalan. Tentu saja hal ini membuat para pendukungnya bersorak-sorai dan yang paling dosoroti tak lain dan tak bukan Khafilah dari pulau terluar Provinsi Kepri, Kabupaten Natuna. Acara pembukaan baru berakhir pada sekitar pukul 22.00 WIB.(yah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s