Penurunan PPJ Tidak Pengaruhi PAD

Kamis, 24 April 2008
BATAM – Ketua Komisi II DPRD Kota Batam Bastoni Solichin menyatakan penurunan PPJ sebesar 1 persen yakni dari 5 persen ke 4 persen tidak akan berdampak pada PAD. Target PAD dari sektor PPJ sebesar Rp43 miliar optimis tetap tercapai. “Kita optimis target PPJ bakal tercapai Rp43 miliar. Ini berdasarkan hitungan dari PT PLN Batam bahwa dengan PPJ 5 persen akan diperoleh pendapatan sekitar Rp47,8 miliar setahun. Sementara itu, penurunan PPJ satu persen dimulai Juli mendatang adalah Rp4 miliar. Sementara itu, target PAD Rp43 miliar. Jadi impas lah,” katanya di Gedung DPRD Batam, Rabu (23/4) kemarin.Bastoni menyatakan, walaupun hitungan kasar, tidak terjadi devisit, namun pihaknya masih belum menghitung secara detail. Sehingga belum bisa dipastikan berapa besar defisit yang akan terjadi, jika diturunkan PPJ 1 persen. “Jika defisit, kita masih bisa mencari potensi-potensi pendapatan lainnya,” ujar Bastoni.

Menurut Bastoni, pembahasan PPJ akan dijadwalkan setelah anggota DPRD Kota Batam selesai reses. Setelah itu, hasil kerja dari Komisi II akan disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Batam.

Sementara itu, Wakil Walikota Batam Ria Saptarika tidak mau berkoemntar ketika disinggung soal defisit yang akan dialami pemerintah sekitar Rp4 miliar jika PPJ diturunkan 1 persen. Alasannya, harus ada perhitungan secara matematika.

“Untuk masalah ini, saya belum bisa berkomentar. Karena harus dihitung secara matematika dulu dengan rencana penurunan PPJ dari 5 persen itu,” kata Ria singkat usai meninjau Pameran Fhoto Sijori Mandiri kemarin.

Dari Pemko Batam sendiri, diharapkan pemberlakuan revisi PPJ 5 persen dapat dilakukan pada Januari 2009 mendatang. Hal ini didasarkan pada APBD Kota Batam 2008 yang sudah defisit. Sehingga dikhawatirkan jika terjadi penurunan sumber pendapatan, APBD-P Kota Batam nantinya akan semakin defisit.

Target PPJ dari hitungan 5 persen tahun 2008 adalah sebesar Rp43.429.000.000. Dimana telah terealisasi pada bulan Januari sebesar Rp5.181.369.353. Bulan Februari sebesar Rp2.406.029.933. Dan realisasi pada bulan Maret 2008 sbesar Rp3.375.324.509. (sm)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s