Tarif Angkot Pelajar Tetap

Jumat, 30-05-2008

BATAM TRIBUN – Para pelajar yang biasa menggunakan transportasi jalur pendek seperti Metrotrans, tak perlu khawatir adanya kenaikan tarif. Tarif golongan pelajar untuk rute ini tidak mengalami kenaikan.

Hasil pertemuan antara Dinas Perhubungan Batam, Organda, Yayasan Lembaga Konsumen Muslim Batam (YLKMB), dan Poltabes Barelang, Kamis (29/5) di Pemko Batam, kenaikan rata-rata tarif angkot sebesar 17,57 persen. Besaran kenaikan bervariatif dan tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) Wali Kota Batam.

Hanya saja, khusus untuk rute jauh, tarif pelajar tetap mengalami kenaikan yang berkisar antara Rp 400 hingga Rp 1.000. Besaran kenaikan ini tergantung dengan trayek angkutan.(Lihat tabel-red)

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan berjanji segera mengesahkan tarif angkutan hasil kesepakatan itu.”Kalau sore ini (kemarin-red) ada di meja saya, akan langsung saya tandatangani. Kalau tidak berarti besok (hari ini, red)paling lambat,” ujar Dahlan.

Berlakunya tarif baru ini masih menunggu SK Wali Kota Batam. “Para sopir di lapangan masih harus berpedoman kepada tarif lama. Jangan menaikkan tarif angkutan sebelum ada SK. Pemko akan berupaya secepat mungkin untuk mengeluarkan SK kenaikan tarif yang baru ini,” ujar Ria Saptarika.

Rute Jodoh-Sembulang mengalami kenaikan sebesar 12,50 persen atau dari Rp 4.000 menjadi Rp 4.500. Jodoh-Galang naik sebesar 16,67 persen, dari Rp 6.000 menjadi Rp 7.000.

Namun ada juga prosentase kenaikan yang mencapai 33,33 persen. Kenaikan ini terjadi pada bus kelas ekonomi (zoning) mengalami kenaikan menjadi Rp 2.000 dari Rp 1.500. Begitu juga dengan tarif metrotrans (terusan) menjadi Rp 4.000 dari sebelumnya Rp 3.000.

Padahal hasil rapat Dishub Provinsi Kepri, Organda, dan INSA, telah sepakat kenaikan tarif berkisar 15-20 persen. Kenaikan tarif tidak boleh melebihi hasil kesepakatan.

Sempat terjadi perbedaan pendapat saat pembahasan penentuan tarif taksi menggunakan argo. YLKMB meminta untuk tidak menaikkan tarif untuk taksi argo dan AC karena taksi argo belum ada di Batam. Sedangkan Organda bersikeras untuk tetap menaikkan tarif taksi Argo.

“Kita perlu membahas ini sebagai persiapan karena kemungkinan besar dalam waktu dekat taksi argo akan beroperasi di Batam, ” kata Ketua Organda Batam Mulawarman.

Rapat memutuskan akan menaikkan tarif taksi argo sebesar 20 persen dari Rp 2.500 per kilometer naik menjadi Rp 3000 per kilometer. Kepala Dinas Perhubungan Batam Yazid mengatakan, dalam waktu dekat ini akan beroperasi taksi argo.” Kemungkinan bulan depan taksi argo akan beroperasi karena alatnya sudah tersedia,” katanya.

Wakasatlantas Poltabes Barelang AKP Anton mengatakan siap untuk untuk memantau penerapan dan ketertiban lalulintas di Batam.”Kami siap untuk membantu jika terjadi pelanggaran kriminal akibat kenaikan tarif. Kami berharap keputusan yang ada sekarang tidak akan berbeda dengan keputusan atau realisasinya di lapangan,” ujarnya.(ian)
Bus Khusus Pelajar

TERUS melonjaknya tarif angkutan kota (angkot) membuat Dinas Perhubungan Batam membuat terobosan. Rencananya, Dishib Batam akan mengoperasikan bus khusus pelajar di 2009 nanti.

Kepala Dinas Perhubungan Batam Yazid mengaku tengah mengusulkan rencana tersebut ke Departemen Perhubungan.”Kebijakan ini akan sangat membantu pelajar yang ada di Kota Batam,” kata Yazid.

Belum jelas konsep yang akan dipakai. Hanya saja keberadaan bus tersebut dinilai sangat membantu siswa untuk mendapatkan pelayanan transportasi.

Di Kepri, bus pelajar tersebut telah dilakukan di Kabupaten Karimun. Mekanismenya, sekolah mendata siswa yang tidak mampu. Mereka nantinya akan dibebankan tarif bulanan yang nilainya jauh lebih murah dari tarif angkutan umum.

Keberadaan bus sekolah tersebut dikelola pemerintah. Trayeknya yakni mengikuti jalur sekolah yang telah ditentukan. Jam beroperasinya yakni setiap pagi untuk mengantar siswa dan siang hari saat siswa pulang sekolah.

Dalam rapat penentuan tarif tersebut, Wakasatlantas Poltabes Barelang AKP Anton mengusulkan, Pemko Batam membuat jalur khusus kendaraan bermotor. Kebijakan ini untuk menciptakan tertib lalulintas dan mengurangi kecelakaan.

“Jalur khusus Roda dua ini sangat berguna untuk mengurangi kecelakaan lalulintas,” katanya.(ian)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s