Ongkos Naik 17,57 Persen

Jumat, 30 Mei 2008WALAUPUN armada angkutan umum telah menaikan tarif pascapengumuman BBM, pekan lalu, tapi tarif resmi baru diputuskan kemarin. Kenaikan dengan persentase beragam. Jika dirata-rata, kenaikan disepakati sebesar 17,57 persen. Namun tarif ini belum langsung diberlakukan karena masih menunggu Surat Keputusan Wali Kota Batam.

Keputusan ini melalui perundingan cukup alot antaraYayasan Lembaga Konsumen Batam (YLKB) dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) dengan difasilitasi Dinas Perhubungan (Dishub) dan Wakil Wali Kota Batam di lantai V Kantor Wali Kota Batam.

Ada beberapa tarif angkutan, yang sama sekali tidak mengalami kenaikan. Misalnya tarif flag fall atau buka pintu taksi. YLKB menilai, tarif ini tidak perlu naik karena tidak diperlukan bahan bakar untuk aktivitas ini.

Tadinya, tarif tunggu juga diminta tidak naik dengan alasan yang sama. Namun karena aturan menyebut tarif tunggu sama dengan 10 kali tarif dasar per kilometer, maka tarif tunggu pun menjadi naik.

Sebelumnya, YLKB keberatan dengan kenaikan tarif taksi. Menurut Ketua YLKB Fachry Agusta, Batam tidak memiliki taksi seperti dalam perda, yakni berargo dan AC. Namun Wakil Wali Kota Ria Saptarika dan Kadishub M Yazid sepakat, bawah pengaturan ini tetap perlu untuk pengaturan jika nanti taksi Batam telah memnuhi syarat sebagai taksi seperti dalam aturan.

Selain tarif buka pintu taksi, yang tidak mengalami kenaikan sama sekali adalah tarif pelajar untuk bus kota kelas ekonomi dan metrotrans. Semacam subsidi silang, kekurangannya ditutupi dari tarif penumpang umum. Pasalnya, jika tarif pelajar dinaikkan dan dibulatkan ke atas, persentase menjadi lebih dari 50 persen. Artinya jauh lebih tinggi dari persentase ketetapan pemerintah provinsi yang hanya 15-20 persen saja.

Khusus BPP, tarif tetap, baik untuk umum maupun pelajar. Penyebabnya, BPP disubsidi dari APBD Kota Batam. Untuk mengubah tarifnya, diperlukan pembahasan dalam APBD Perubahan. “Jadi sampai ada pembahasan APBD-P, tarif BPP tetap,” ujar Ria.

Kemarin, berita acara dibuat dan selanjutnya akan dibawa ke Wali Kota untuk menjadi dasar pembuatan SK kenaikan tarif. Sosialisasi, akan dilakukan segera, begitu SK keluar.

“Kita akan upayakan segera agar SK keluar dan tarif bis diterapkan. Sebelum itu, supaya supir tidak menaikkan tarif dulu,” ujar Ria.

Ditambahkan Yazid, SK baru ini diperkirakan selesai pekan depan.

Tak Keberatan

Respon masyarakat terhadap tarif baru mengaku banyak yang belum tahu. Apalagi penumpang mengaku, para supir angkutan umum telah menaikan tarif sejak harga BBM baru diberlakukan.

“Kita belum tahu dengan pengesahan tarif baru. Kita tahunya sudah naik duluan sejak BBM naik,” kata Erna, calon penumpang metrotrans, kemarin. Menurutnya selama itu tidak memberatkan masyarakat dirinya ikut saja. “Kenaikan tersebutkan bukan kesalahan supir angkutan, itu kan salah pemerintah,” tambahnya.

Ucok, supir metrotrans ketika ditanya tentang tarif baru, mengatakan itu langkah terbaik. “Untung ada penetapan tarif dari pemerintah, soalnya ada penumpang yang komplain ongkosnya naik padahal belum ada kesepakatan,” katanya.

Lain lagi tanggapan, Wina, seorang ibu rumah tangga, yang mengatakan sebenarnya kenaikan ongkos itu berat. “Sebenarnya sih wajar tapi perlu sosialisasi dulu kepada masyarakat,” kata Wina gusar.

Sedangkan tanggapan Susi anak kelas 2 salah satu SMK swasta di Batam, kenaikan itu wajar cuma pemerintah harus mensosialisasikannya kepada masyarakat agar masyarakat tidak bingung. “Kalau bisa ongkos untuk pelajar tidak terlalu berat,” tambahnya.***

One thought on “Ongkos Naik 17,57 Persen

  1. Pak Ria
    Bus Bandara yang dulu udah disosialisasikan mulai desember 2007 gimana kabarnya?
    Demi jemput bapak, saya rela pakek motor, biar gak kena tarif mahal Taxi bandara.

    Memihak nasib sopir port taxi atau memihak orang banyak dan membuang praktek monopoli usaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s