Ria Imbau Pejabat Mengkavling Tanah Untuk Dihijaukan

Jumat, 30 Mei 2008BATAM (BP) – Selama ini, Pemko Batam terkesan lebih giat menanam pohon ketimbang merawatnya. Secara tak langsung, Wakil Wali Kota Ria Saptarika mengakui hal tersebut. Walau pun, Kabid Pertamanan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Batam Tajuddin mengatakan pemeliharaan tanaman rutin dilakukan.

“Kita melakukan penyiraman dua kali seminggu bersama OB,” katanya saat menghadiri seminar yang diadakan Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup, di Kantor Wali Kota Batam, kemarin.

Seperti tidak berjalannya program lain, anggaran pun menjadi kambing hitam. Anggaran, kata Ria usai membuka Semiloka Pendidikan Lingkungan Hidup tersebut, lebih diutamakan kepada program yang tampak. Misalnya tanam pohon. “Untuk pemeliharaan, kurang (diperhitungkan),” kata Ria menduga anggaran itu ada tapi sangat kecil.

Sempena dengan alur acara yang baru saja dibukanya, Ria mencetuskan ide agar semua pejabat, mengkavling tanah untuk dihijaukan. Bisa saja tanah yang dikavling adalah median jalan. “Selanjutnya dibuat nama untuk menandakan siapa penanggungjawab lahan,” ujar Ria.

Dari sana, bisa dinilai dan dilombakan kavling siapa yang paling subur tanamannya. Ria berharap, rencana ini dapat dilakukan segera. “Mestinya malah sudah dilakukan,” katanya langsung membentengi jawabannya bahwa itu bukan untuk tujuan kampanye.

Bisa juga, anggota DPRD diajak bergabung melakukan hal yang sama. Walaupun pada parakteknya nanti, pemeliharaan diupahkan ke orang lain. Namun esensinya, ujar Ria, Batam bisa hijau. “Ini akan jadi semacam rangsangan untuk membuat Batam hijau,” tukasnya.

Tak pasti apakah ini memang langkah memotivasi setiap orang untuk peduli lingkungan atau sekadar cara menekan pos anggaran pemeliharaan. (ary)

One thought on “Ria Imbau Pejabat Mengkavling Tanah Untuk Dihijaukan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s