Satu Rumah Rusak Dihantam Puting Beliung

Rabu, 18 Juni 2008
TIBAN- Satu unit rumah milik M Basir, warga Tiban Kampung RT/RW 01/15 Kelurahaan Tiban Lama, Sekupang mengalami rusak berat dihantam angin puting beliung, Senin (16/6) sekitar pukul 18.00 WIB. Puting beliung yang diiringi dengan gemuruh petir tersebut menerbangkan atap rumah Basir yang berada di lereng bukti di kompleks padat permukiman. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah.Menurut keterangan Basir dan beberapa warga disekitar kejadian, sebelum angin puting beliung terlihat awan menggumpal sangat hitam di lokasi tersebut dan diiringi dengan suara petir.
Selang beberap saat kemudian, secara tiba-tiba, atap bagian rumahnya diterbangkan angin dan terhempas ke pinggir rumah.

“Saya tidak tahu berapa lama kejadian itu berlangsung, tetapi pertama kali menyadarinya, atap sebelah kiri ini terangkat,” ujar Basir yang ditemui di rumahnya kemarin.

Akibat kejadian tersebut, ipar, istri dan dua anaknya yang masih kecil sempat syok, bahkan istrinya hingga kemarin belum mau kembali kerumahnya karena takut.

Sementara itu tetangga Basri, Sarah (52), Rosana (30) dan Nurlila (23) yang tinggal di lereng bukit lebih tinggi dari rumah Basri mengaku melihat angin berputar-putar dan mengangkat atap rumah milik Basri.

“Angin berputar sangat kencang dan hitam, waktu itu saya lansung masuk rumah dan mengunci pintu rapat-rapat,” ujar Sarah yang diamini juga oleh Rosana dan Nurlila yang tinggal satu rumah.

Melihat kejadian ini, Wakil Walikota Batam Ria Saptarika kemarin menyempatkan diri mengunjungi rumah Basri. Ria meminta warga agar tetap waspada terhadap berbagai fenomena alam.

“Ini kejadian yang tidak bisa dijangkakan, tetapi tidak ada salahnya kita waspada, terutama bagi masyarakat yang rumahnya berada di tempat ketinggian, dan berdiri sendiri seperti ini,” ujar Ria. Dalam kesempatan tersebut, Pemko Batam memberikan sumbangan sebesar Rp2 juta kepada Basri.(sm/an)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s