Demo Layanan 4G Paling Meriah

Sabtu, 21-06-2008 | 00:31:49 Image

KEHEBOHAN layanan 4 G terlihat di pameran The CommunicAsia Exhibition and Summit yang berlangsung di Gedung Singapore Expo dari 16-20 Juni kemarin. Satu perusahaan yang sangat concern memamerkan layanan seluler 4G adalah NTT DoCoMo, raksasa komunikasi asal Jepang.

Demo yang dilakukan para karyawan NTT DoCoMo terlihat paling menarik perhatian pengunjung. Mereka melakukan presentasi setiap saat di depan para pengunjung yang duduk di stand perusahaan yang berada di Hall 4 Gedung Singapore Expo.

Pengunjung disediakan sofa-sofa yang langsung berhadapan dengan layar LCD berukuran 39 inc. Secara detail, beberapa karyawan NTT DoCoMo memberikan penjelasan tentang layanan 4G secara bergantian.

Bagi NTT DoCoMo, teknologi 4G bukanlah pertama kali dipamerkan di CommunicAsia. Ini telah dilakukan sejak 2006 lalu. Hanya saja, perkembangannya terus dilakukan. Tahun ini, teknologi 4 G yang paling ditonjolkan adalah kecepatan pengolahan data, baik pengiriman, upload, download, searching, dan lainnya.

Saat Tribun berkunjung di stand NTT DoCoMo, terlihat sedang berlangsung demo kecepatan download data dalam bentuk DVD. Mengesankan! Jika selama ini butuh waktu berjam-jam men-download data dalam bentuk DVD berkapasitas 3 GB (gigabyte), dengan teknologi 4G hanya butuh waktu sekitar tiga menit.

Kehebatan layanan 4G lainnya adalah mudahnya pengiriman data dalam bentuk file yang sulit, seperti grafis dan desain. Teknologi 4G yang dikembangkan NTT DoCoMo bukanlah GSM melainkan CDMA.

Dibandingkan dengan Indonesia, teknologi komunikasi seluler di Jepang memang jauh di depan. Jika di Indonesia perkenalan layanan 3G baru dilakukan sekitar dua tahun lalu, di Jepang sudah sejak 2001. Di Jepang tidak mengenal layanan GSM. Semua teknologi komunikasi telah menggunakan CDMA yang dikemas khusus dan berbeda dengan negara-negara lain.

Di Jepang NTT DoCoMo adalah yang terdepan dalam teknologi CDMA. Tercatat konsumennya sudah lebih dari 70 juta. Perusahaan ini memang dikenal dengan layanan internet mobile-nya.

Bonus popcorn
Untuk menggaet pengunjung datang, berbagai cara dilakukan peserta stand pameran. Ada yang menampilkan gadis cantik sambil menari, ada pula yang memberikan bonus seperti pulpen, tas belanja atau lainnya. UTStarcom yang berada di Hall 5 memberikan bonus popcorn dan kaus putih bagi yang mau menonton pertunjukan kemajuan teknologi internet mereka.

UTStarcom menghadirkan real IPTV (Internet Protocol Television) yang dikemas seperti bioskop mini berisi 18 tempat duduk. Internet Protokol kini sudah berkembang pesat. Dalam teknologi komunikasi yang dipakai sekarang, internet protokol mampu mengurangi biaya telepon sehingga untuk sambungan internasional bisa dengan biaya lokal. Voice of Internet Protokol (VoIP) kini sudah bisa video sekaligus data. Menonton televisi tak lagi terpatah-patah. Tampilannya jernih tanpa bintik.

Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarikayang datang bersama Mulyanta, GM Telkom Riau Kepulauan, tampak terkagum-kagum melihat kemajuan teknologi yang dipamerkan. “CommunicAsia sangat bagus, Pemko tiap tahun hadir di acara ini. Ini akan membuka wawasan kita tentang teknologi dan setidaknya ini bisa menjadi rujukan pembentukan Batam Cyber Island yang kita gagas,” ujar Ria diamini Mulyanta.

Menurut Ria yang datang bersama Kepala Dinas Kependudukan dan Kepala Badan Komunikasi dan Informasi Pemko Batam, CommunicAsia bisa dijadikan tempat mencari solusi tentang data base kependudukan Batam yang saat ini terus dibenahi. Pengerjaan KTP SIAK yang saat ini masih membutuhkan waktu lama, menurut Ria bisa selesai jika teknologi yang diterapkan adalah teknologi yang lebih maju. ‘’Sebenarnya kalau kita sudah pakai Wimax pengerjaan KTP akan bisa lebih cepat, tapi kan wimax masih terkendala regulasi pemerintah pusat,” tukas Ria yang juga berjanji akan memperbanyak titik hot spot internet gratis di Batam.(*)

One thought on “Demo Layanan 4G Paling Meriah

  1. Yth Ibu Wakil Walikota Batam,

    Bisakah Batam dijadikan model seperti Hongkong terhadap China dibandingkan Batam terhadap Indonesia!?

    China maju kemungkinan karena Hongkong dengan sistem negara maju yang diterapkan di Hongkong tidak dirubah oleh China melainkan dipertahankan dan ditiru China ke seluruh propinsi-propinsinya.

    Referensi:
    Paul Romer’s radical idea: Charter cities

    .-= Arief´s last blog ..3G Modem E220 500rb =-.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s