Pemilih Sementara 500 Ribu Jiwa

Kamis, 26 Juni 2008|05:54:20

WIBWENY ARIATI, Batam

Jumlah pemilih yang terdata di Pemko Batam mencapai kurang lebih 500 ribu. Data itu, sudah diserahkan Pemko Batam ke KPUD Batam. Data tersebut, adalah data yang diambil dari dari database kependudukan hasil SIAK.

Mengetahui persiapan yang KPU Kota Batam, kemarin, bertempat di Lantai V Kantor Wali Kota Batam, mengadakan rapat persiapan Pemilu Legislatif. Rapat dipimpin langsung Wali Kota Ahmad Dahlan dan Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika. Juga dihadiri bagian Sekretaris KPU Kota Batam, Alvisyahrin serta para camat.

Dikatakan Ria, saat ini data pemilih model A telah siap dan tinggal diserahkan saja. Selain itu, dalam pemilu 2009 nanti, tak hanya PPS dan PPK yang ada di TPS, tapi juga petugas pemutakhiran data per TPS (PPDP). “Petugas PPDP ini yang nantinya mengecek data pemilih,” ujar Ria.

Mengenai penyerahan daftar pemilih model A, sebelumnya KPU akan memberikan undangan pada pemilih. Jika dalam waktu enam bulan seorang warga sudah menetap di Batam, ia dapat menggunakan hak pilihnya di Batam.

Pembentukan petugas PPDP sendiri, imbuh Alvisyahrin baru dilakukan pada Pemilu kali ini. Di setiap TPS akan ada satu petugas PPDP yang terdiri dari RT atau mereka yang paham wilayah tempat tinggalnya. “Data pemilih model A juga akan kita cek ulang. Jadi jika tidak terdata pada data pemilih model A, masih bisa ikut Pemilu karena dapat diketahui saat cek ke lapangan,” ujarnya. ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s