Perda Psikotropika Perlu Disusun

Selasa, 01 Juli 2008
BATAM CENTRE – Untuk mendukung upaya pemberantasan peredaran narkotika, obat terlarang dan zat aditif (Narkoba) di Kota Batam perlu disusun Perda Psikotropika. Perda tersebut untuk mempertegas undang-undang psikotropika yang ada.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Batam Ir Ria Saptarika usai menghadiri jalan santai berhadiah dalam rangka Hari Anti Narkoba International (HANI) di Batam, Minggu (29/6). Ria yang juga Ketua Badan Anti Narkotika Kota (BNK) Batam menyebutkan tidak hanya narkoba, hal-hal lainnya yang membuat penggunanya teler, juga harus dilarang dalam Perda tersebut.

Ria menyayangkan karena pada peringatan HANI di Jakarta, DPRD tidak diundang. Kendati demikian, ia berjanji akan tetap koordinasikan dengan DPRD untuk segera menetapkan Perda tersebut. Disebutkan, banyaknya kejadian di Batam beberapa waktu lalu seperti ditemukannya pabrik narkoba terbesar se-Asia Tenggara, memang sangat mencemaskan. Hal tersebut menjadi salah satu poin penting bagi pemerintah untuk segera membebaskan Batam dari jeratan narkoba.

Kapoltabes Barelang Kombes Slamet Riyanto mengatakan Batam menempati urutan pertama terbanyak kasus narkoba di Provinsi Kepulauan Riau. Namun, kasus yang ditangani setiap tahun mengalami penurunan. Namun Slamet belum bisa memastikan apakah peredarannya juga mengalami penurunan. “Ke depan kita akan terus berkoordinasi dengan Badan Anti Narkotika Kota (BNK), Badan Anti Narkotika Provinsi (BNP) dan Badan Anti Narkotika Nasional (BNN) untuk pemberantasan narkoba di Batam sesuai dengan deklarasi para pemimpin daerah di Jakarta beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Slamet menyebutkan akan melakukan sosialisasi serta penyuluhan lebih intens kepada muda-mudi dan juga orang tua. Karena berdasarkan pengalaman, masih ada orang tua yang belum mengerti akan bahaya narkoba. Disamping itu, orang tua juga tidak mengetahui jenis dan bentuk narkoba. “Insyaallah, kita akan lakukan penyuluhan, tidak hanya untuk muda-mudi, tetapi juga kepada orang tua,” ujarnya menandaskan. (sm/an)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s