Wawako dan Tim Ekspedisi Garis Depan Nusantara Pasang Tapal Batas NKRI di Pulau Nipah

BATAM – Wakil Walikota Batam Ir Ria Saptarika Selasa (1/7/2008) mengunjungi pulau karang nipah, yang merupakan daerah perbatasan RI-Singapura. Kunjungan Ria ke Pulau kosong yang dijaga ratusan aparat TNI Angkatan Laut itu dilakukannya untuk melakukan pemasangan tapal batas wilayah oleh tim ekspedisi Garis Depan Nusantara yang melakukan penjelajahan dan pendataan terhadap 92 pulau terdepan Indonesia, yang berbatasan langsung dengan sejumlah negara dikawasan Asia Tenggara dan Pacific.

Tim Ekspedisi Garis Depan Nusantara beranggotakan kelompok pecinta alam WANADRI, aktifis budaya, lingkungan dan lainnya.

Tapal batas yang dipasang tim ekspedisi berupa patung mantan presiden Soekarno dan Hatta yang dipasang pada koordinat titik ukur batas terluar. Dari tulisan dibawa patung itu dapat terbaca dengan jelas bahwa luas Pulau Karang Nipah sepanjang 8 kilometer, terletak pada posisi 01’ 09’ 13” S Lintang Utara- 103’ 39’ T Bujur Timur. Pemasangan tapal batas ini sekaligus bagian dari upaya menumbuhkan kembali kesadaran pada budaya bahari di Nusantara.

“Inilah batas negara kita. Tak ada yang bisa mengakuinya, dan kita harus mempertahankannya sampai darah penghabisan,” sebut semua anggota tim Lintas Nusantara dengan semangat yang berapi-api.

Kunjungan Wakil Walikota Batam, Ir Ria Saptarika ke Pulau Nipah juga menyertakan sejumlah pejabat daerah dan wartawan lokal, antara lain Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Drs Yusfa Hendri, Kepala Kantor Pemadam Kebakaran Drs Zulhelmi dan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat, Zulhendri,SE.

Saat turun dari kapal yang membawa rombongan wawako dari Pelabuhan Sekupang, dipelantar beton Pulau Nipah, mereka disambut prajarit TNI AL yang menetap diwilayah itu, dengan pimpinan Komandan Lettu Agus.

Sebelum menggali tanah reklamasi Pulau Karang Nipah untuk memasang patok tapal batas patung Soekarno Hatta, Wakil Walikota pada sambutannya menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada para prajurit TNI AL yang telah meninggalkan keluarganya untuk bertugas di pulau kosong itu, dengan berbagai kesulitan dan tantangan.

“Selaku wakil kepala daerah, izinkan saya mengucapkan terimakasih atas pengabdian Anda semuanya,” sebut Ria dengan semangat yang berkobar pula.

“Kedaulatan bangsa ini adalah harga mati bagi kita semua. Kita harus memiliki sikap itu, dan sebagai warga negara sudah saatnya kita berbuat untuk menyelamatkan bangsa ini dari berbagai bentuk ancaman, baik ancaman ekonomi maupun ancaman dalam bentuk lain,” tegasnya.

Tim ekspedisi Garis Depan Nusantara akan berada di Batam dalam beberapa bulan kedepan. Selain Di Pulau terluar Nipa, hal yang sama juga akan dilakukan di Pulau Putri, Pulau Batu Berantai dan beberapa pulau lainnya di sekitar wilayah perbatasan RI, Singapura dan Malaysia. (*)

Foto lain

One thought on “Wawako dan Tim Ekspedisi Garis Depan Nusantara Pasang Tapal Batas NKRI di Pulau Nipah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s