Rumah Rusak Dibantu Rp 5 Juta

Kamis, 03-07-2008 | 00:00:00

BATAM, TRIBUN – Kedatangan Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) M Yusuf Asy’ari membawa berkah bagi masyarakat Kepri. Menpera menjanjikan bantuan Rp 1 miliar untuk 200 kepala keluarga (KK) yang rumahnya tidak layak huni.

Bantuan atau stimulus dari Menpera itu akan dibagikan kepada warga di Batam, Bintan, dan Tanjung Pinang. Perinciannya, Bintan mendapat Rp 500 juta untuk 100 unit rumah, Batam mendapat Rp 250 juta untuk 50 rumah, dan Tanjungpinang mendapat Rp 250 juta untuk 50 rumah.

Pemberian bantuan ini di-sampaikan Mempera saat meneken memourandoum of understanding (MoU) dengan Wakil Gubernur Kepri HM Sani, Bupati Bintan Ansar Ahmad, Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika, dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang Edward Mu-shalli di Kantor Wali Kota Batam, Rabu (2/7).

Menpera menjelaskan, ada dua jenis pembangunan rumah yakni perumahan formal yang dibangun pengembang dan dijual ke masyarakat umum. Untuk jenis ini hanya 30 persen penduduk yang sanggup memilikinya. Sedang-kan yang kedua nonformal atau sekitar 70 persen lagi, penduduk membangun sendiri secara swadaya di lahan sendiri namun tetap dimungkinkan mendapat subsidi.

Dulu, sambung Menpera, yang mendapat subsidi hanya kalangan PNS, TNI/Polri, dan peserta Jamsostek. Namun sekarang, pemerintah akan meratakan subsidi ke masyarakat umum yang berpenghasilan rendah. Untuk pembangunan rumah ini ada dua bentuk pe-nyaluran subsidi yaitu, skim konvensional (bunga) dan skim syariah.

“Saya ingin rumah masyarakat bisa layak. Dalam kunju-ngan saya ke berbagai daerah termasuk di Jawa masih ba-nyak rumah yang belum layak huni. Untuk itu saya membuat dua program yakni dalam bentuk stimulus dan program bentuk peningkatan kualitas perumahan,” paparnya.

Menpera juga membeberkan, selama empat tahun terakhir ini ada peningkatan anggaran subsidi untuk pembangunan rumah penduduk. Tahun 2005 dianggarkan sebesar Rp 200 miliar, tahun 2006 sebesar Rp 252 miliar, tahun 2007 sebesar Rp 300 miliar, tahun 2008 sebesar Rp 800 miliar, dan tahun 2009 mendatang sebesar Rp 1,4 triliun.

“Kami minta pemerintah daerah bisa membuat lembaga perumahan agar anggaran dari pusat bisa cepat terealisasi. Sesuai peraturan, pembangunan perumahan menjadi tanggungjawab pemerintah daerah. Saya minta dibuat dana alokasi khusus (DAK) perumahan,” imbaunya.

Deputi Perumahan Swadaya Kementrian Perumahan Rakyat, Ir Kriya Arsjah pula menjelaskan, Menpera telah menganggarkan Rp 27 miliar program bantuan stimulus untuk 62 kabupaten/kota di 20 provinsi. Sedangkan untuk program peningkatan kualitas perumahan (PKP) sebesar Rp 31 miliar. “Kami baru mengabulkan dalam bentuk stimulus di Kepri. Sedangkan bentuk PKP belum diberikan karena tidak diminta,” ungkapnya.

Kampung tua
Mengenai realisasi bantuan Menpera ini, Plt Kepala Dinas Tata Kota Pemko Batam, Gintoyono mengatakan, Pemko akan mencarikan rumah warga yang benar-benar tidak layak huni. “Kami akan cari rumah yang benar-benar rusak parah di kampung tua sebanyak 50 unit . Nantinya kami akan salurkan bantuan stimulus Rp 5 juta untuk satu rumah,” ungkap dia.(hat)

One thought on “Rumah Rusak Dibantu Rp 5 Juta

  1. Bantuan yang cukup bisa dimanfaatkan oleh yang membutuhkan.
    Namun balik ke pemberdayaan masyarakat, bantuan yang bersifat tunai, one shot dan untuk tujuan konsumtif, saya lihat malah kurang memberi horizon pemikiran kepada masyarakat untuk menjadi mandiri dalam ekonomi.
    Demikian juga bagi pemerintah baik pusat maupun daerah, bantuan sperti di atas memang gampang tidak perlu ada aktivitas maintenance.
    Sebenarnya yang diperlukan oleh masyarakat adalah bagaimana pemerintah dapat menyediakan infrastruktur baik fisik maupun sistem (yang sifatnya jangka panjang) yang mendukung aktivitas produktif menuju kemandirian masyarakat.
    ———-
    Hi Mas Joel, Thanks atas Kunjungan dan comment nya.
    Sy sependapat dengan anda, walaupun memang bantuan perimahan ini juga merupakan tanggung jawab wajib bagi pemerintah, Sandang – Pangan – Papan ini adalah urusan wajib pemerintah dan diatur oleh undang-undang, apalagi dengan banyajnya masyarakat kita saat ini yg tidak memiliki tempat tinggal dan layak.

    Sekali lagi terimakasih atas masukannya yg sangat brilliant
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s